Touch ID Apple Lebih Aman

Touch ID milik Apple lebih aman dibandingkan aplikasi fingerprint reader di Android

Ajang Black Hat Security Conference mengungkapkan beberapa temuan terkait keamanan dari perangkat mobile yang ada di pasaran. Termasuk di antaranya adalah mengenai penggunaan sensor sidik jari pada ponsel. Terkait hal yang satu ini, ternyata aplikasi fingerprint reader di Android lebih rawan dibandingkan Touch ID Apple.
Dua orang peneliti keamanan Tao Wei dan Yulong Zhang berhasil menemukan celah keamanan yang signifikan pada framework sistem sidik jari Android. Celah keamanan tersebut pun memungkinkan sebuah malware untuk mengelabui autentifikasi sistem pembayaran. Dan kabar buruk lainnya, celah itu juga memungkinkan adanya aktivitas penyadapan.
Kedua peneliti ini pun menemukan celah tersebut pada dua ponsel Android yang sama-sama menggunakan sensor sidik jari. Dua ponsel tersebut adalah Samsung Galaxy S5 serta HTC One Max. Di sisi lain, mereka tidak menemukan hal serupa pada produk iPhone yang menggunakan fitur Touch ID.
Touch ID, menurut Zhang, mempunyai tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan sistem serupa di Android. Aplikasi ini tak akan memberikan akses masuk kepada para hacker dengan cuma-cuma. Kalaupun Touch ID berhasil diserang hacker, data sidik jari yang ada bakal terproteksi.(brt/han)