Trafik XL Meningkat Sepanjang Muktamar NU

SURABAYA- Selama acara Muktamar Nahdlatul Ulama ke-33 di Jombang – Jawa Timur, PT XL Axiata Tbk (XL) menyedikan jaringan telekomunikasi seluler dan internet berkualitas secara khusus untuk ikut mensukseskan hajatan besar warga Nahdliyin tersebut. Terjadi peningkatan trafik pemakaian voice, SMS dan data selama Muktamar NU. Dibandingkan sebelum Muktamar NU, kenaikan sebesar 18% terjadi pada layanan data, 10% untuk layanan SMS dan 7% terjadi kenaikan pada layanan voice.
”Syukur Alhamdulillah, jaringan XL berhasil memberikan layanan selama Muktamar NU ke-33 di kota Jombang. Puluhan ribu warga nahdliyin dan Jombang lainnya bisa menikmati dengan lancar. Ini tidak terlepas dari keseriusan seluruh tim XL, termasuk juga dengan menerapkan sejumlah perangkat canggih dalam sistem pemantauan jaringan di seluruh wilayah layanan, yang didukung juga oleh keandalan jaringan dan sistem billing yang telah kami persiapkan untuk menerima peningkatan trafik,” kata Vice President XL East Region Desy Sari Dewi.
Secara detail, layanan data meningkat dari 3,2GB menjadi 3,8GB per hari, SMS meningkat dari 1,6 juta SMS menjadi 1,7 juta SMS per hari dan voice meningkat dari 683 ribu menjadi 733 ribu menit per hari.
“Dalam memastikan kualitas jaringan, XL menerapkan kebijakan preventive maintenance, bukan reactive atau saat ada masalah baru ditangani. Dalam hal ini XL menggunakan sistem Work Force Management, di mana tim jaringan berpedoman pada kalender yang disiplin untuk melakukan perawatan BTS. Mereka juga memiliki check list yang jelas mengenai apa saja yang harus mereka lakukan pada saat kunjungan. Dengan disiplin yang dilakukan ini, problem-problem jaringan bisa diantisipasi, sehingga gangguan pada pelanggan menjadi jauh berkurang”, jelas Desy.

Di Jombang, XL memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 300 ribu. Dimana jaringan XL di Kota santri tersebut ditopang oleh lebih dari 90 BTS (2G/3G), dan sebanyak lebih dari 40 unit di antaranya adalah BTS 3G.(*/han)