Update Terbaru Timbulkan Masalah Baru

Baru satu minggu lebih setelah dirilis, pihak Microsoft memberikan pembaharuan secara terus-menerus kepada sistem operasi terbarunya, Windows 10. Namun pada update terakhir Microsoft, update yang telah dipasang bagi sebagian pengguna Windows 10 ternyata menimbulkan masalah baru.
Dilansir dari CNET, update terbaru dari Microsoft dengan kode KB3081424 ini bukannya memberikan hasil yang memuaskan kepada penggunanya, namun justru sebaliknya. Sebagian pengguna yang melapor, setelah memasang update tersebut, perangkat komputer atau notebook mereka tidak dapat masuk ke desktop.
Di forum Microsoft Windows pun juga sama, terdapat pengguna yang mengeluhkan perangkat komputernya gagal dalam memasang update terbaru ini, sehingga terjadi restart yang berulang-ulang. Hal sama juga menimpa sebagian pengguna, meski telah memasang secara manual, mereka tetap mendapati perangkat mereka melakukan restart berulang-ulang sehingga harus dimatikan secara paksa. Namun anehnya, tidak semua pengguna Windows 10 mengeluhkan hal ini.
Dalam standar operasinya, Windows 10 akan memasang semua update yang disediakan oleh Microsoft. Tidak seperti pada versi sebelumnya, para pengguna dapat memilih opsi update mana yang akan dipasang pada perangkat mereka. Bila gagal, Windows 10 akan mencoba memasang lagi dan akan terus berulang seperti itu. Ini adalah kebijakan baru dari Microsoft agar perangkat yang menggunakan Windows 10 selalu up-to-date guna terhindar dari serangan virus dan malware.
Untuk mengatasi hal ini ada solusi sementara yang bisa dicoba, yaitu melalui edit registry yang bentrok dengan update tersebut. Hal ini tentu hal biasa bagi pengguna yang sudah berpengalaman, bagaimana jika hal ini menimpa kepada pengguna yang awam? Mau tidak mau harus menunggu update resmi dari Microsoft. (brt/han)