Dirikan Perusahaan Baru, Alphabet

Kabar baru datang dari raksasa mesin pencari Google, baru-baru ini Google mendirikan sebuah induk perusahaan yang diberi nama Alphabet. Dan Google Inc. kini mempunyai CEO baru yaitu Sundar Pichai. Larry Page, salah satu pendiri perusahaan pencari itu mengumumkan melalui blog Google.
Alphabet nantinya akan menjadi holding-company untuk semua unit-unit usaha Google yang meliputi mesin pencari ‘Search’, perusahaan streaming video ‘YouTube’, dan sistem operasi Android.
Perusahaan Alphabet kini telah memiliki situs resminya yaitu http://abc.xyz . Page nantinya akan menjalankan tugas sebagai chief executive officer di perusahaan baru tersebut. Ada juga Sergey Brin yang akan menempati posisi presiden di perusahaan itu.
Page menjelaskan, Google kini tengah mengembangkan perusahaan ke bidang yang tak bersinggungan dengan bisnis mesin pencari. Sebagai contoh perusahaan bidang kesehatan milik Google yaitu Life Science yang memproduksi lensa kontak untuk mendeteksi kadar gula dan Calio untuk meneliti penuaan.
Untuk laporan keuangan unit-unit perusahaan yang kini dibawah naungan Alphabet akan dilaporkan secara terpisah pada kuartal keempat tahun 2015. Di pasar saham, Alphabet akan menggantikan posisi Google Inc. sebagai perusahaan yang dipergadangkan. “Ini akan memberikan kami ruang untuk mengendalikan hal-hal yang tidak terlalu terkait secara independen,” kata Larry Page.
Pichai sendiri bergabung dengan Google sejak 2004 dan berhasil membawa perkembangan yang baik untuk produk-produk utama Google seperti Google Drive, Chrome, dan Android. Kini tapuk kepemimpinan diserahkan oleh Brin dan Page kepada Pichai selaku CEO baru.(brt/han)