Bisa Bermode Tablet atau Smartphone

MALANG - Belum lama ini, pabrikan Asus kembali meluncurkan gadget berkonsep crossover. Memadukan tablet dan smartphone, sang pabrik memiliki koleksi Asus Padfone S, yang terdiiri dari smartphone dan station dock, sehingga gadget bisa dengan mudah berganti mode.
Sales Counter Branded IT Store Cyber Mall, Eki Anggraini mengatakan, perangkat ini hadir dengan konsep crossover, perpaduan antara  tablet dan smartphone. "Perangkat ini mempunyai dua buah perangkat utama di dalamnya, yaitu Asus smartphone serta PadFone Station dock," katanya.
Menurut dia, untuk sisi layarnya perangkat ini mempunyai sebuah layar sentuh berukuran selebar 5 inci dengan resolusi mencapai 1920 x 1080 piksel pada bagian smartphone. Berbekal sentuhan teknologi panel canggih berjenis in plane switching (IPS) yang dapat menyajikan kerapatan layar hingga 441 piksel ppi, perangkat bisa digunakan dalam mode smartphone saja.
"Tinggal melepas smartphone 5 inci-nya dan bisa dioperasikan terpisah. Gambarnya juga tidak kalah ketika dibandingkan dengan mode tablet," papar dia kepada Malang Post.
Sementara, untuk perangkat tablet dock hadir dengan layar berukuran 9 inci dengan tingkat resolusi HD sebesar 1920 x 1200 piksel. Tak ketinggalan, terbenam sebuah baterai berkekuatan besar yang turut mendukung perangkat ini dengan daya 4990 mAh. Sedangkan baterai pada smartphone berukuran 2300 mAh dengan jenis polymer.
Dia menyebutkan, sektor mesin pendobrak, gadget ini juga sudah dimotori oleh sebuah dapur pacu yang ciamik, dengan sentuhan dari chipset Qualcomm Snapdragon 801. Pemberian prosesor Quad Core Krait 400 dengan top speed mencapai 2,3 GHz, kian menunjukkan keunggulan gadget ini. "Multifungsi dan bertenaga, pasti menguntungkan bagi pengguna," urai dia.
Untuk memaksimalkan kinerja, perangkat ini dikombinasikan dengan sebuah RAM berkapasitas 2 GB dan juga ditopang oleh pengolah grafis Adreno 330. RAM ini untuk mendukung aktivitas, terutama ketika mode tablet, tingkat kebutuhan multitasking yang dijamin lebih tinggi. "Asus juga memberikan slot microSD bagi pengguna, apabila merasa kurang dengan pemberian kapasitas memori internal sebesar 16 GB," tambahnya.
Sementara itu, untuk softawarenya sudah menggunakan sistem operasi OS Android versi 4.4 KitKat dengan interface Zen UI. OS dan interface ini untuk memaksimalkan dukungan sistem ketika gadget dikenakan untuk berselancar di dunia maya. Eki menyampaikan, dalam urusan konektivitas, di perangkat ini telah  terbenam berbagai fitur pendukung seperti fitur NFC, jaringan 4G LTE, 3G HSPA, fitur WiFi dan perangkat Bluetooth.
Sedangkan pada bagian fotografinya, Asus PadFone S mempunyai dua kamera. Untuk kamera belakangnya memiliki resolusi 13 MP lengkap dengan fitur tambahan seperti autofokus serta fitur LED flash, dan untuk memanjakan penggila foto selfie dan juga pecandu video call telah terbenam sebuah kamera depan beresolusi 2 MP. (ley/han)