Bodi Lebih Kecil, Koneksi 4G

MALANG - Sekian lama menanti, akhirnya penggemar gadget yang menunggu ponsel 4G LTE dari Microsoft, dengan nama Lumia 640 LTE segera mendapati ponsel itu Agustus ini. Smartphone  saudara dari Lumia 640 XL ini, memiliki pada fitur konektivitas yang lebih terkini, dengan harga hanya Rp 2,8 jutaan.
Promotor Microsoft Gajahmada Plaza, Astu Rokha mengatakan, Lumia 640 LTE baru hadir bulan ini. "Setelah seri dual meluncur Juni lalu, saudaranya ini baru muncul dua bulan kemudian atau di bulan ini. Cukup membuat customer penasaran," katanya.
Sesuai dengan namanya, Microsoft Lumia 640 LTE memiliki perbedaan dengan sang kakak pada fitur 4G LTE, yang kini tengah menjadi acuan penggemar gadget ketika berburu perangkat terbaru. Menurut dia, dengan adanya jaringan 4G LTE tersebut,  kecepatan download dan upload data LTE Cat4 mencapai 150/50 Mbps. "Sangat cepat untuk membantu pengguna yang hobi online, download maupun upload file," terangnya.
Dia menuturkan, Microsoft Lumia 640 LTE memiliki dimensi yang berukuran 141.3 x 72.2 x 8.8mm yang lebih kecil dibandingkan seri Lumia 640 XL. Microsoft Lumia 640 LTE memiliki bobot 145 gram serta terdapat slot SIM dengan Micro-SIM. Dimensi tersebut berpengaruh terhadap ukuran layar yang menjadi 5 inci saja.
Smartphone ini memiliki dukungan kepadatan layar sebesar 294 ppi pixel. Tipe layar IPS LCD yang mampu mempertajam tampilan dalam smartphone dan disempurnakan pelindung layar Corning Gorilla Glass 3 agar terbebas dari goresan.
Sementara itu, dari segi sistem operasi masih memiliki kesamaan dengan Lumia 640 XL, menggunakan versi terbaru dari Microsoft yaitu windows Phone v8.1 dengan adanya Lumia Denim untuk memaksimalkan kinerja smartphone.
Microsoft Lumia 640 LTE mendapat dukungan chipset dengan tipe Qualcomm Snapdragon 400 yang mampu memberikan hasil maksimal ketika menyempurnakan prosesor Quad Core berkecepatan 1,2 GHz yang diusungnya. Semua itu sudah dirancang sempurna dengan chipset yang mendukung. Selain itu, smartphone Microsoft Lumia 640 LTE memiliki prosesor dengan tipe Quad Core berkecepatan 1.2GHz Cortex-A7 untuk proses aplikasi lebih cepat dan memudahkan penggunanya.
Dia menyebutkan, memori internal Microsoft Lumia 640 LTE terdapat kapasitas 8 GB yang mampu menyimpan data bawaan maupun data eksternal. Apabila merasa kurang lebar, kapasitas memori eksternal jauh kebih lebar mencapai 128 GB. "Sementara, kapasitas RAM akan memberikan hasil lebih sempurna dalam hal kinerja karena berukuran 1 GB," jelas Astu.
Menurutnya, kamera utama Microsoft Lumia 640 LTE memiliki resolusi 8 MP dengan hasil jepretan 3264 x 2448 pixel. Fitur lain yang akan membantu dalam memaksimalkan hasil potretan smartphone meliputi autofocus, LED Flash, 1/4” sensor size dan video yang memiliki resolusi 1080p@30fps. (ley/han)