Tablet Khusus untuk Anak, Dibekali Parental Control

MALANG POST - Orangtua terkadang khawatir akan konten dari game yang anak-anak mainkan, apakah terdapat unsur kekerasan atau konten yang sangat tidak cocok untuk anak. Terlebih bila anak a sudah mengenal internet, kekhawatiran bisa semakin meningkat.
Menjawab kekhawatiran tersebut, LeapFrog yang merupakan sebuah perusahaan bergerak pada bidang hiburan dan pendidikan untuk anak asal dari California, Amerika Serikat, meluncurkan tablet yang sangat cocok untuk anak kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan dan berkembang. Tablet tersebut diberi nama LeapFrog Epic.
Tablet ini dirancang khusus untuk anak berusia 3 sampai 9 tahun dengan beberapa fitur yang ditawarkan. Seperti, desain home screen yang dapat diubah sesuai dengan keinginan anak. Sehingga anak-anak dapat memainkan imajinasi dalam mengkreasikan tampilan menu utama tablet mereka. Selain itu juga terdapat fitur parental control, dimana para orangtua dapat memonitor tablet anak meski dari jarak jauh. Tidak hanya memonitor, para orangtua juga dapat mengatur situs apa saja yang bisa diakses, sehingga tidak perlu khawatir akan halaman internet yang anak-anak telusuri.
LeapFrog juga menanamkan beberapa permainan yang dapat langsung dimainkan oleh anak. Permainan-permainan ini didesain khusus untuk memancing imajinasi, rasa ingin tahu, dan mengajarkan bagaimana berpikir untuk menyelesaikan suatu permainan.
Karena hanya ditujukan untuk anak, spesifikasi yang diusung tablet ini tidak terlalu wah. Sebut saja prosesor dengan 4 inti berkecepatan 1.3GHz, RAM sebanyak 1GB, kapasitas penyimpanan internal sebesar 16GB dengan dukungan slot microSD, layar seluas 7 inci beresolusi (1024×600). Kamera yang dipasang juga biasa saja, hanya 2MP untuk kamera belakang dan depan, serta masih menggunakan Android 4.4 KitKat.
Bagi yang tertarik membelikan tablet ini untuk anak, cukup dengan merogoh kocek Rp 1,9 juta saja.(brt/han)