Sematkan Fitur Street View untuk Android

Google baru-baru ini menggulirkan update aplikasi peta miliknya untuk sistem operasi Android. Tentunya dengan bergulirnya update aplikasi, ada fitur baru yang disematkan. Kali ini Maps untuk Android memiliki fitur baru pada layanan Steet View.
Sepertinya Google ingin memanjakan pengguna setianya melalui layanan dan inovasi yang bisa dibilang jor-joran sampai saat ini. Dari mesin pencari raksasa, hingga sistem operasi mobile open source, Android serta aplikasi-aplikasi Google yang semakin menujang kemampuan sistem operasi Android.
Google Maps versi terbaru 9.13.0 kini sudah dapat diperbarui atau diunduh gratis melalui Play Store. Pada update-nya kali ini, ada fitur kecil yang disematkan namun memiliki fungsi yang cukup signifikan, yaitu akses cepat ke layanan Street View.
Jika Anda pengguna rutin Google Maps pada smartphone Android, kemungkinan Anda sering menggunakan layanan Steet View yang tersedia pada aplikasi Google Maps. Fitur Street View sendiri merupakan layanan dimana Anda seperti bepergian ke tempat-tempat tertentu melalui smartphone. Dengan layana ini pengguna bisa seolah-olah berada di jalan yang telah direkam oleh Google sebelumnya. Pengguna yang ingin pergi ke suatu tempat, namun ingin mengenali lingkunganya terlebih dahulu bisa menggunakan layanan Street View ini.
Untuk pengguna Android yang telah meng-update aplikasi peta dari Google ini akan dapat mengakses Street View dengan menekan thumbnail yang ada pada sudut kiri bawah jendela navigasi.
Untuk Wilayah Indonesia yang sudah mendukung Steet View hanya terdapat di beberapa kota besar seperti Jakarta dan Bali. Google sendiri telah memperluas layanan Street View ke kota-kota besar lain di Indonesia dengan merekam jalan menggunakan mobil Google Street View, yang telah dilengkapi dengan kamera canggih 360 dejajat.(brt/han)