Android Pay Diluncurkan

MALANG POST - Layanan mobile payment atau pembayaran secara mobile kini memang tengah populer. Di era digital ini, perusahaan teknologi besar dunia berlomba-lomba menyuguhkan inovasi seperti mobile payment ini. Baru-baru ini memang sedang hangat berhembus kabar Google akan luncurkan layanan Android Pay dalam waktu dekat. Dan kini kabar itu semakin nyata dengan beredar kabar Google akan luncurkan layanan Android Pay minggu ini.
Menurut laporan dari Telegraph (25/08/2015), sebuah laporan ditujukan kepada karyawan restoran cepat saji McDonald di Amerika, bahwa layanan pembayaran mobile akan tersedia bagi pelanggan pada 26 Agustus.
Perusahaan lain pun ada juga yang memiliki layanan seperti ini, yaitu Apple dengan layanan Apple pay-nya. Tak berbeda dengan layanan Apple Pay, Android Pay juga memungkinkan pengguna smartphone Android yang mendukung fitur NFC ( Near-Field Communication) dan telah menghubungkan Android Pay ke kartu kredit atau debit.
Apple Pay sendiri sudah dapat digunakan untuk membayar barang di lebih dari 700.000 toko di Amerika Serikat menggunakan perangkat iPhone. Untuk memverifikasi identitas pengguna, nantinya akan menggunakan sensor pemindai sidik jari seperti pada Apple Pay dengan sensor Apple Touch ID.
Toko pertama yang akan menerima layanan Android Pay di Amerika Serikat adalah McDonald dan Mey. Perusahaan lain yang mengembangkan layanan ini adalah Samsung dengan layanan Samsung Pay, perangkat milik Samsung yang hadir dengan layanan ini adalah Galaxy Note 5 dan Galaxy 6 Edge Plus. Samsung Pay kabarnya tersedia di Korea Selatan pada bulan depan dan menyusul di Amerika untuk beberapa hari kemudian.(brt/han)