Kembangkan Asisten Digital, Dinamai M

Facebook
Pada saat ini, asisten digital memang sedang marak dikembangkan oleh perusahaan teknologi dunia. Seperti Google dengan Google Now-nya, Apple dengan Siri, dan Microsoft dengan asisten digital miliknya, Cortana. Meski masih ada beberapa asisten digital lainnya, namun ketiga asisten yang disebutkan tadi masih menjadi dominasi, karena mewakili operasi sistemnya masing-masing.
Seperti tak ingin ketinggalan dengan perusahaan lain, Facebook kini juga tengah mengembangkan asisten digital miliknya yang dinamai M. Nantinya fitur asisten digital ini akan terdapat pada aplikasi Facebook Messenger dan akan dikembangkan untuk operasi sistem Android dan iOS dalam beberapa bulan kedepan.
Berbeda dengan asisten digital lain yang dapat mengandalkan perintah suara, Facebook M tidak dapat mengenali perintah suara, namun hanya sebatas teks. Namun Facebook M dapat mengerjakan perintah yang lebih spesifik seperti mencari lokasi teman facebook, memesan kamar hotel, dan lainnya. Perintah semacam ini yang berhubungan dengan tindakan finansial belum dimiliki oleh asisten virtual lain. Tentu ini menjadi nilai lebih yang dimiliki Facebook M.
Kekurangan Facebook M lainnya terdapat pada, tidak dapat mengenali kebiasaan yang dilakukan oleh penggunanya, entah itu tempat lokasi yang sering dikunjungi atau acara-acara yang sering diadakan oleh pengguna. Mengenali kebiasaan pengguna sehari-hari dapat dilakukan oleh asisten virtual lain seperti Siri, dan Google Now yang dapat mengakses GPS untuk mengetahui lokasi penggunanya.
Mungkin Facebook di masa mendatang akan mengembangkan asisten virtual miliknya agar dapat bersaing dengan asisten virtual lain dengan melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada. Rumor yang beredar mengatakan, nama M pada asisten digital milik Facebook ini merupakan singkatan dari ‘Moneypenny’ namun bisa juga berarti ‘Messenger’, entah mana yang benar pihak Facebook sendiri belum mengkonifrmasi tentang hal ini.
Moneypenny sendiri adalah tokoh dalam film James Bond, ia adalah seorang sekretaris pribari dari M. Dengan hadirnya Facebook M tentu menjadi kabar baik, dan nantinya asisten digital yang beredar di masyarakat akan semakin beragam.(brt/han)