Touchpad yang Bisa Berubah Jadi Apa Saja

Touchpad, mungkin banyak anggapan bahwa touchpad biasanya identik dengan notebook. Ya touchpad sendiri merupakan sebuah sensor yang digunakan sebagai pengganti mouse pada notebook. Namun, bagaiman jika fungsi touchpad ternyata tidak hanya itu?
Sensel Morph, nama yang diberikan untuk touchpad yang satu ini. Namun jangan salah, touchpad ini tak seperti umumnya. Sensel Morph merupakan touchpad yang dapat menjadi apa saja, seperti keyboard, kanvas, piano, drum pad, game pad, dan masih banyak lainnya.
Pemberian nama Morph karena touchpad ini dapat berubah menjadi apapun sesuai dengan bentuk “Overlay” yang ada di atasnya. Misal pengguna menempelkan “Overlay” bentuk drum pad, maka touchpad ini bisa menjadi drum listrik pada umumnya. Atau mau bermain piano? Cukup pasang “Overlay” dengan bentuk piano, maka piano sudah dapat dimainkan. Mau menggambar? Sensel Morph juga bisa jadi kanvas, keren kan…
Yang menjadikan touchpad ini bisa menjadi seperti itu karena, Morph dipasangi dengan 20.000 elemen sensor yand dapat mendeteksi 4096 jenis tekanan dari 5 gram hingga 50 kilogram. Untuk harganya, Sensel Morph dapat dibanderol dengan harga USD 249 atau setara dengan Rp 3,5 juta dengan bundling packet Sensel Morph dan 3 pilihan “Overlay”, yang saat ini masih tersedia di antaranya keyboard, piano, instrumen musik, gamepad, drum pad, kanvas, dan Innovator’s kit yang dapat diubah sesuai dengan yang diinginkan. Sensel Morph juga kompatibel dengan semua perangkat komputer, baik berbasiskan Windows, Macintosh, bahkan Linux dengan menggunakan koneksi kabel micro USD ataupun Bluetooth.(brt/han)