Waspadai Malware, Jangan Sembarang Akses Wifi Gratis

MALANG - Setiap vendor berlomba memberikan fitur terbaik pada smartphone terbaru buatannya. Tak terkecuali dengan balutan koneksi Wifi untuk memudahkan pengguna gadget, mengakses data tanpa harus mengeluarkan biaya. Namun, akses wifi juga perlu diperhatikan pengguna, agar gadget tetap aman, terbebas dari serangan malware yang akan merusak sistem.
Setidaknya, ada lima langkah yang mesti dilakukan oleh gadgeter, ketika mendapati hotspot atau wifi gratis, terutama yang belum pernah dikenal perangkat. Baik yang disediakan di  rumah makan, stasiun, terminal, kantor, pusat perbelanjaan hingga perhotelan.
"Harus tetap waspada serangan malware atau virus. Jangan sampai keasyikan akses wifi gratis, perangkat jadi melemah bahkan rusak karena tidak hati-hati," jelas Teknisi iFind Reseller, Jeffri Gigih.
Dia menuturkan, hotspot atau wifi gratis yang ada di tempat umum biasanya digunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan dunia maya atau cyber crime. Lewat wifi tersebut, para pelaku kejahatan bisa saja menyebarkan virus atau malware yang dapat mencuri data pribadi.
Paling utama, sang pemilik gadget harus mengupdate rutin sistem dari perangkat, setidaknya setiap satu pekan. Update sistem ini berarti rutin pula mengupdate anti virus dalam perangkat. "Aktivitas rutin akan lebih mengamankan dari ancaman malware, virus, phising, dan masalah kejahatan dunia maya lain," sebutnya.
Jefri menyampaikan, sebaiknya gadgeter menggunakan VPN atau virtual private network. Data yang ada dalam perangkat  akan aman karena sudah terenkripsi dengan baik, meskipun malware sudah menembus firewall dan antivirus.
Menurutnya, hal ketiga yang yang tak kalah penting, mengenali pemilik jaringan hotspot. Sebelum menyambungkan perangkat ke wifi yang ada di tempat umum, sebaiknya mengenali dahulu siapa pemilik jaringan. "Jangan asal connect ke sinyal wifi yang ada jika tidak ingin terkena kejahatan dunia maya seperti phising," papar dia kepada Malang Post.
Dia menyarankan untuk tidak mengakses ketika ragu dan merupakan langkah keempat yang harus dipahami. Jika menemukan sinyal wifi gratis namun masih ragu dengan keamanan jaringan tersebut, sebaiknya tidak menggunakannya karena bisa jadi jaringan tersebut dibuat untuk menyebarkan virus atau malware.
"Yang terpenting dan kadang dilupakan, berbayar belum tentu aman. Gadgeter harus memiliki pemahaman bahwa wifi yang berbayar belum tentu aman," tandasnya. (ley/han)