Kebangkitan Siemens

MALANG POST - Masih ingatkah Anda dengan merek ponsel bernama Siemens? Ya, merek asal Jerman ini memang lama tak terdengar dan seakan tenggelam seiring berjalannya waktu. Namun kali ini Siemens nampaknya bangkit dengan merilis smartphone terbaru mereka yang memiliki brand Gigaset ME.
Siemens resmi menghadirkan smartphone terbarunya yang mengusung brand Gigaset ME, tak hanya satu smartphone saja, tapi tiga sekaligus yang masuk jajaran seri Gigaset ME. Ketiga smartphone tersebut yakni Gigaset ME, Gigaset ME Pro, dan Gigaset ME Pure.
Ketiga smartphone itu menyasar dua segmen pasar yang berbeda, yakni Gigaset Me dan Gigaset ME Pro menargetkan segmen pasar high-end, sementara Gigaset ME Pure membidik segmen pasar mid-end. Dalam hal spesifikasi, Gigaset ME hadir dengan layar IPS seluas 5 inci dan resolusi FHD 1080×1920 piksel dengan kerapatan piksel per inci 443. Untuk dapur pacunya, Gigaset Me mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 810 dengan prosesor 64 bit octa core 1.8GHz dan GPU Adreno 430. Sedangkan untuk kapasitas memorinya terdapat RAM sebesar 3GB dan penyimpanan internal sebesar 32GB tanpa slot mico SD.
Bergeser pada sektor kamera, Gigaset ME memiliki kamera utama berkekuatan 16MP dan kamera depan 8MP. Gigaset ME telah menjalankan sistem operasi Android Lollipop 5.1 dan memiliki kapasitas baterai sebesar 3000mAh.
Selanjutnya spesifikasi dari Gigaset ME Pro, ponsel ini adalah seri kelas berat dari Gigaset ME, yakni memiliki layar IPS seluas 5,5 inci dengan resolusi FHD 401 PPI. Selain itu seri Pro ini memiliki kapasitas baterai yang lebih besar, yakni 4000mAh. Tak hanya itu, kamera di seri Pro ini juga lebih besar, yakni 20MP untuk kamera utamanya, sedangkan kamera depan masih sama dengan Gigaset ME standar yakni 8MP.
Selain spesifikasi tersebut, spesifikasi lain dari Gigaset ME Pro ini sama persis dengan Gigaset ME standar, yakni chipset Snapdragon 810, RAM 3GB, ROM 32GB, dan OS Lollipop 5.1. Untuk Gigaset ME Pure memiliki spesifikasi dibawah kedua ponsel yang telah disebutkan tadi. Spesifikasi yang diusung Gigaset ME Pure meliputi, layar 5 inci beresolusi FHD 443 PPI, chipset Snapdragon 615 , RAM sebesar 2GB, memori internal 16GB, kamera utama 13MP dan kamera depan 8MP, OS Android Lollipop serta baterai sebesar 3320mAh.
Ketiga smartphone ini sama-sama mengusung dual SIM dan semuanya telah mendukung jaringan 4G LTE. Ketiga smartphone ini juga memiliki sensor pemindai sidik jari atau fingerprint sensor. Smartphone ini sudah tersedia di Eropa seperti, Inggris, Jerman, Belanda, Perancis, Belgia, Spanyol, Italia, Polandia, dan Turki. Untuk harganya, Gigaset ME dibanderol £349 atau sekitar Rp 5,5 juta, untuk Gigaset ME Pro dibanderol £399 atau sekitar Rp 6,3 juta, sedangkan untuk Gigaset ME Pure dibanderol £249 atau sekitar Rp 3,9 juta.(brt/han)