Elephone, Ponsel 10 Core Pertama

JAKARTA- Pakai prosesor octa core? Sudah biasa, zamannya prosesor 10 core segera hadir. Sebuah produsen bernama Elephone sudah mulai membuka pemesanan ponsel 10 core pertama di dunia.
Jadi prosesor yang digunakan adalah Helio X20. Prosesor ini merupakan bikinan MediaTek yang menyuguhkan teknologi 10 core. Konfigurasi prosesor ini pun terbilang unik. Kalau di prosesor octa core biasanya dibagi dua cluster yang masing-masingnya diisi oleh empat inti, maka di prosesor 10 core ada tiga cluster.
Cluster pertama ditempati oleh empat inti prosesor cortex-A53 berkecepatan 1,4 GHz yang ditugasi menangani beban ringan. Cluster kedua juga dijejali oleh empat inti prosesor cortex-A53, namun kecepatannya lebih tinggi jadi 2 GHz karena disiapkan untuk menangani beban menengah.
Sedangkan cluster terakhir diisi hanya oleh dua inti prosesor, tapi kecepatannya terbilang sangat tinggi, yakni 2,5 GHz. Cluster ini ditugasi untuk menangani beban berat. Kenapa hanya dua inti untuk tugas berat? Sepertinya ini dilakukan karena ponsel hampir jarang menemui beban berat. Dalam penggunaan sehari-hari beban yang diperoleh cenderung ringan hingga menengah.
Tapi terlepas dari prosesor 10 core yang dipakainya, ponsel bernama lengkap Elephone 9000 ini juga dibekali spesifikasi kelas atas. Tengok saja penggunaan RAM yang sebesar 4 GB, kemudian kamera utama 16 MP dan kamera depan 13 MP. Ditambah lagi Elephone 9000 juga punya pemindai sidik jari.
Adapun memori internalnya berkapasitas 32 GB, yang masih bisa ditingkatkan lewat slot micro SD hingga 128 GB lagi. Sedangkan bentang layarnya seluas 5,5 inch dengan resolusi layar yang sayangnya sebatas full HD (1.920x1.080 pixel). Untuk pasokan dayanya, Elephone 9000 dibenamkan baterai 3.100 mAh yang diklaim mampu bertahan seharian penuh.
Tertarik memboyongnya? Cukup keluarkan kocek USD 330 atau sekitar Rp 4,7 juta untuk memesannya. Sayang belum ada informasi kapan ponsel ini akan dijual secara global, karena pemesanan ponsel ini baru berlaku di negara asalnya, China.
(yud/ash)