Keren! Drone Berfitur Autopilot

Tak hanya pesawat yang bakal hadir dengan kemampuan autopilot. Sebuah drone pun juga bakal hadir dengan fitur tersebut. Adalah DJI, produsen drone asal Cina yang siap meluncurkan fitur baru berupa mode autopilot untuk produk drone DJI Phantom 3. Tak hanya itu, update firmware terbaru ini juga memberikan peningkatan kualitas dalam hal perekaman video.
Perusahaan yang dikenal sebagai salah satu raksasa produsen drone dunia itu mengungkapkan kalau mereka akan meluncurkan update firmware terbaru pada 7 September. Update tersebut ditujukan untuk drone DJI Phantom 3 Advanced serta Professional. Mode autopilot ini pun bakal bisa digunakan dalam tiga cara, yakni waypoint navigation, point of interest serta Follow Me.
Waypoint navigation akan membuat drone yang dimiliki terbang sesuai dengan titik yang sebelumnya telah ditentukan. Sementara point of interest memungkinkan drone DJI Phantom 3 untuk terbang secara fokus pada sebuah objek atau area tertentu. Dan yang terakhir, Follow Me memungkinkan drone untuk terbang mengikuti pengontrolnya.
Keberadaan mode autopilot ini pun bakal memberikan keuntungan tersendiri bagi pemilik drone. Terlebih drone DJI Phantom 3 versi Advanced serta Professional memang ditujukan untuk segmen yang lebih tinggi. Sementara itu untuk drone DJI Phantom 3 Standard bakal tidak memperoleh fitur tersebut. Meski tak menutup kemungkinan kalau fitur autopilot ini juga bakal dihadirkan untuk versi Standard di waktu mendatang.
DJI Phantom 3 versi Advanced serta Professional sendiri merupakan drone yang memang ditujukan untuk segmen high end. Versi Profesional mempunyai kemampuan merekam video 4K dan dipatok dengan bandrol sebesar USD 1.250 atau Rp 17,5 juta. Sementara itu DJI Phantom 3 Advanced dilengkapi fitur untuk merekam video full HD dan dipatok seharga USD 999 atau Rp 13,986 juta.(brt/han)