Harga Murah, Naik Daun di Kelas Tablet

MALANG - Persaingan tablet lokal tak kalah ketat dengan seri smartphone. Pabrikan pun berlomba melakukan terobosan, seperti dengan mengeluarkan perangkat yang canggih untuk menjaring pengguna, sekalipun berharga terjangkau. Salah satunya dilakukan oleh Evercoss yang memiliki tablet dengan memori internal 8 GB sebagai daya tarik utama lewat seri bernama Evertab AT7S. Tablet ini, beberapa minggu terakhir menjadi best seller Evercoss.
"Evercoss memiliki beberapa seri yang laris di pasaran. Untuk kelas tablet, di semester dua ini ada Evertab AT7S, bisa dibilang sedang naik daun,” ujar Owner Shinta Cell, Setiawan.
Naik daunnya seri ini bisa dibuktikan dengan penjualan yang laris, apalagi selepas lebaran lalu. Menurut dia, dalam waktu dua bulan, penjualan menembus angka 80 unit, dengan dua kali restock. Padahal, Evercoss memiliki seri lain untuk jenis tablet. “Harga dan fitur yang menunjang sangat berpengaruh, apalagi bagi pengguna menengah ke bawah,” papar dia kepada Malang Post.
Dia menyebutkan, perangkat ini memiliki memori internal 8 GB. Sementara, beberapa saudaranya dengan bandrol di bawah Rp 1,3 juta, cenderung bermemori 4 GB.  “Evertab AT7S sudah mengusung kapasitas dua kali lebih besar,” ujar pria yang akrab disapa Iwan ini.
Iwan menyampaikan, memori yang besar memungkinkan pengguna tablet memasang berbagai macam aplikasi, sesuai dengan kegunaannya. Mulai dari aplikasi untuk menunjang aktivitas pekerjaan hingga games dengan kualitas tinggi yang memiliki resolusi besar. “Pengguna tidak perlu khawatir kapasitasnya kurang atau tablet menjadi lemot karena memorinya lebar,” papar dia kepada Malang.
Menurut dia, tidak hanya memori internal saja yang memberikan jaminan perangkat tetap lancar sekalipun digunakan untuk aktivitas multitasking atau membuka aplikasi secara bersamaan. Sebab seri ini juga sudah berbekal prosesol empat inti atau Quad Core dengan tingkat kecepatan akses mencapai 1,3 GHz. Untuk menemani memori dan prosesor, RAM yang diberikan sebesar 1 GB.
“Ketiga mesin ini yang membuat Evertab AT7S memiliki daya tarik bagi penggemar gadget. Apalagi, dengan harga Rp 1,2 juta, fitur ini tergolong unggul dan digemari oleh pengguna yang tidak terlalu memikirkan brand ketika memilih tablet,” jelas dia.
Sementara itu, gadget yang dalam ukuran tablet terbilang mungil ini, juga memiliki slot memori eksternal untuk microSD. Kapasitas yang diberikan mencapai 32 GB, sehingga pengguna bisa memaksimalkan untuk menyimpan file multimedia seperti musik, foto dan video, maupun file data penting seperti power point.
Sementara itu, untuk bagian layarnya diberikan layar in plane switching (IPS) dengan resolusi 1024 x 600 pixel. Touchscreen yang kapasitif itu membuat pengguna sangat mudah ketika menjalankan beragam aplikasi. Pada bagian layar, telah menggunakan kaca keras yang membuat perangkat tampil kokoh dan terkesan seperti perangkat yang mahal.
Dia menambahkan, seri ini makin sempurna dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat untuk menunjang aktivitas di dunia maya. Evertab AT7S membuat pengguna bebas berekpresi online, baik untuk jelajah di media sosial maupun membuka halaman tertentu, termasuk untuk game online seperti Hayday dan CoC.
Iwan menjelaskan, perangkat ini memiliki dua kamera untuk menunjang hobi fotografi. Pada bagian depan, resolusi sebesar 5 MP terhitung besar bagi vendor lokal dengan harga di kisaran Rp 1,3 jutaan. “Kamera depannya sangat bagus bila pengguna ingin bergaya di depan kamera seorang diri. Sementara, untuk momen berharga bisa memanfaatkan kamera belakang sebagai kamera utamanya dengan resolusi 8 MP,” pungkasnya. (ley/han)