Hati-hati, Ada Xiaomi Palsu Beredar

MALANG POST - Brand smartphone terkemuka kerap menjadi target pemalsuan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Tak ketinggalan adalah produk smartphone dari Xiaomi yang saat ini memang dikenal sebagai salah satu brand ponsel yang memperoleh minat tinggi dari masyarakat. Yang perlu lagi diperhatikan, ternyata ponsel Xiaomi palsu juga sudah beredar di tanah air.
Hal ini pun diungkapkan oleh seorang blogger asal Surabaya bernama Prasetyo Herfianto yang menuliskan pengalamannya tersebut di blog pribadinya. Dia pun mengaku kalau ponsel Xiaomi asli tapi palsu itu diperolehnya dari salah satu situs marketplace lokal yang ada di Indonesia.
Prasetyo pun mengatakan kalau handphone itu mempunyai bentuk yang sangat mirip dengan Xiaomi Mi4. Terlebih lagi handphone tersebut juga diketahui punya spesifikasi tinggi, dengan RAM 3GB dan prosesor Qualcomm. Spesifikasi tersebut diketahuinya setelah menggunakan aplikasi CPU-Z dan AnTuTu.
Merasa curiga dengan ponsel tersebut, Prasetyo pun melakukan berbagai eksperimen. Dan salah satunya adalah dengan melakukan reset serta melakukan update via OTA. Setelah proses reset tersebut, dia pun mencoba kembali menjalankan aplikasi CPU-Z dan AnTuTu. Hasilnya, handphone ternyata mempunyai prosesor MediaTek, RAM 1GB dan beberapa sensor yang ternyata tidak berjalan secara penuh.
Terkait peristiwa ini, General Manager Xiaomi Asia Tenggara Steve Vickers pun mengemukakan pendapatnya. Vickers mengatakan kalau smartphone Xiaomi yang asli bisa diperoleh di tanah air melalui dua distributor resmi yang telah ditunjuk oleh Xiaomi. Dua distributor tersebut adalah Erajaya dan Trikomsel Oke.
Vickers pun mengatakan kalau konsumen juga bisa dengan mudah mengidentifikasi keaslian smartphone Xiaomi yang dibeli. Caranya dengan melihat pada stiker importir yang tertempel di bungkus plastik smartphone. Selain itu, ponsel Xiaomi yang asli juga dilengkapi dengan kartu garansi yang ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia.(brt/han)