Samsung Bakal Ciptakan Smartphone RAM 6 GB

CALIFORNIA - Samsung berniat menciptakan smartphone teranyar yang memiliki RAM 6 Gigabyte (GB). Itu dilandasi atas pencapaiannya membuat chip 12 Gigabit (Gb) LPDDR4 berteknologi 20 nm yang akan mulai diproduksi secara massal.
Chip 12 Gb LPDDR4 telah dipasangkan di perangkat smartphone dengan ukuran RAM 1,5 GB. Untuk membuat smartphone dengan kapasitas RAM 6 GB, diperlukan empat chip berukuran 12 Gb tersebut. Secara teori, 1 byte terbentuk dari 8 bit kode biner.
Samsung mengklaim, chip terbaru yang mereka buat yakni 12 Gb LPDDR4 dan dapat melakukan efisiensi kinerja sebesar 30 persen, serta mengonsumsi daya 20 persen lebih hemat. Dengan kata lain, chip ini akan membuat lebih cepat dibandingkan chip berukuran 8 Gb.
Pada 2014, Samsung menjadi vendor yang pertama membuat chip berteknologi 8 Gb (setara dengan 1 GB RAM) LPDDR4. Teknologi tersebut kemudian diadopsi oleh beberapa perangkat antara lain OnePlus 2, Samsung Galaxy S6 Edge+, Galaxy Note 5, yang menggunakan empat chip 8 Gb sehingga menghasilkan total RAM sebesar 4 GB di perangkat pintar menuliskan informasi.
Samsung mengatakan, smartphone flagship selanjutnya akan menggunakan RAM 6 GB dengan kinerja perangkat dan multitasking semakin mulus. (oke/aim)