Hadir dengan Layar Lebar dan Pencil

MALANG POST - Apple tidak hanya memperkenalkan iPhone 6s dan iPhone 6S Plus, tapi juga produk terbaru lain, salah satunya iPad terbaru yang mengusun layar jumbo seluas 12,9 inci. Jika dibandingkan dengan iPad sebelumnya, iPad Pro ini memiliki luas layar yang paling lebar. iPad Air hanya memiliki layar seluas 9,7 inci dan iPad Mini hanya memiliki layar seluas 7,8 inci saja. Dengan demikian, iPad Pro 12,9 merupakan iPad yang memiliki layar terlebar.
Layar yang diusung iPad Pro ini memiliki reslolusi 2732 x 2048 piksel, serta menjaga kerapatan pikselnya sama dengan iPad Air 2, yakni 264ppi. Jumah piksel pada layar iPad Pro ini juga sangat banyak, yakni 5,6 juta piksel. Dengan layar seluas itu, pengguna dapat menggunakan iPad Pro menggunakan dua tangan dan dapat menjalankan dua aplikasi secara berdampingan.
iPad Pro hadir dengan peningkatan yang signifikan pada sektor dapur pacunya. Mengusung chip terbaru A9X, iPad Pro akan menyuguhkan performa yang baik serta tampilan grafis yang memukau layaknya seperti di console game. Tak hanya itu, iPad Pro juga membekali diri dengan empat buah speaker untuk menujang kualitas Audio yang baik.
Dengan bobot hanya sekitar 712 gram, iPad Pro cukup tipis untuk sebuah tablet dengan layar jumbo, yakni hanya setebal 6,9mm. iPad Pro juga memiliki kapasitas baterai besar yang diklaim dapat bertahan hingga 10 jam pemakaian.
Di sisi lain, mendiang Steve Jobs pernah membuat pernyataan dirinya sangat tak mendukung pemakaian stylus dalam perangkatnya. Tapi oleh CEO Apple saat ini, Tim Cook, perusahaan itu seolah menjilat ludahnya sendiri. "Siapa yang mau pakai stylus? Stylus dipakai, disimpan, lalu hilang, yuck. Tidak ada yang mau pakai stylus," ujar pendiri Apple pada peluncuran iPhone generasi pertama, di Macworld tahun 2007 silam.
Delapan tahun setelah ucapan Jobs tersebut, Apple mengumumkan iPad Pro di Bill Graham Civil Audiotorium, San Francisco, California yang dilengkapi stylus yang diberi nama Pencil.Bisa terdengar deru tawa dari para tamu yang menghadiri acara peluncuran Apple kala itu saat Senior Vice President Worldwide Marketing Phil Schiller mengatakannya.
Mengutip situs The Verge, pihak Apple menyatakan, kehadiran Pencil ini adalah sebagai bentuk pilihan bagi para konsumen yang memang ingin menjadikan iPad Pro sebagai 'kanvas' untuk desain.
Sesuai dengan demonstrasi yang ditunjukan, Pencil mampu memberi hasil gambar dengan bermacam-macam ketebalan garis, selama si pengguna mengerti cara penggunaannya. Pengguna tinggal menyesuaikan tekanan dan manuver Pencil saat sedang menggambar di layar iPad Pro untuk hasil gambar yang diinginkan.
Menggunakan sensor accelerometer, Pencil juga dirancang untuk bermain games, menonton film, menulis dokumen, dan membuat catatan di dalamnya. Pencil dijual terpisah seharga USD 99. iPad Pro sendiri memiliki dapur pacu prosesor A9X yang telah mendukung teknologi 64-bit. Prosesor ini diklaim 1,8 kali lebih cepat dibandingkan prosesor A8X yang dipakai pada iPad Air 2.
Apple menjanjikan iPad Pro tersedia di pasar mulai November 2015 dan tersedia dalam tiga varian yang dibedakan berdasarkan pilihan memori internal dan konektivitas. iPad Pro dengan koneksi Wi-Fi saja dan memori 32 GB dijual seharga USD 799, kemudian iPad Pro dengan koneksi Wi-Fi saja memori 128 GB seharga USD 949, dan iPad Pro versi 128 GB dengan koneksi Wi-Fi dan Seluler dijual USD 1.079.(brt/han)