Empat Aplikasi Terbaik Back Up Data Android

MALANG – Apakah Anda pernah mengalami masalah dengan kehilangan data pada smartphone? Jika pernah, segeralah memasang software recovery dalam perangkat, sebagai penunjang dalam mem-back up data. Anda bisa memilih beberapa software terbaik yang disediakan oleh Google Play Store.
“Setidaknya ada empat aplikasi terfavorit dan recommended bagi gadgeter. Aplikasi ini paling sering diunduh di Play Store. CM Backup, Easy Backup and Restore, App Backup and Restore dan Go Backup and Restore Pro,” ungkap Teknisi iFind Reseller, Jeffri Gigih.
Menurut dia, sebenarnya terdapat software custom recovery bawaan, namun software tersebut membutuhkan akses root untuk bisa dijalankan dengan baik. Sehingga, ketika dijalankan kinerjanya dianggap kurang maksimal. “Solusi terbaik menambah aplikasi dalam perangkat,” tegas dia.
Dia menuturkan, aplikasi yang berguna untuk back up dan restore data itu, memiliki keunggulan mudah dioperasikan, sesuai dengan kebutuhan gadgeter. Custom recovery ini akan terasa ketika gadget bermasalah dan pengguna kehilangan aplikasi atau file penting saat mereset smartphone.
Jeffri menuturkan, CM Backup merupakan aplikasi paling laris di Play Store. Sebagian besar pengguna smartphone, memilih aplikasi yang dibuat tim clean master. Aplikasi ini mampu mencadangkan berbagai macam data. “Mulai dari kontak, SMS, hingga kalender. Semua data disimpang pada cloud storage,” ujarnya.
Menurut dia, aplikasi berikutnya, App Backup and Restore. Berbagai macam aplikasi maupun game pengguna Android, bisa dicadangkan dengan aplikasi ini. Alhasil, penyimpanan internal smartphone, menjadi lebih lega dan tidak terlalu berat menjalankan aplikasi. “Aplikasi ini berada di list teratas ketika mulai searching di Play Store,” tambah Jeffri.
Sementara itu, bagi yang ingin memilih aplikasi back up data yang terhitung lengkap, Easy Backup and Restore merupakan jawabannya. Aplikasi ini mampu mencadangkan berbagai macam data, mulai dari SMS hingga log panggilan. Pengguna pun bebas memilih tempat back up, mulai dari SD Cara, Gmail, Google Drive, hingga Drop Box.
Yang terakhir, Jeffri menyarankan untuk memasang Go Backup and Restore Pro. Aplikasi ini terhitung populer, karena paling mudah digunakan. Aplikasi ini merupakan penerus dari Go Launcher. (ley/han)