Fitur Kekinian, Galaxy J5 Berbekal Kamera Tangguh

Dengan bekal kamera yang mumpuni, para penyuka fotografi pun bisa memaksimalkan kamera Galaxy J5.

MALANG – Medio Juli lalu, raksasa gadget Samsung telah merilis satu ponsel terbaru sebagai penerus Galaxy J1, dengan keunggulan pada fitur kamera untuk berfoto selfie. Samsung Galaxy J5, kini telah beredar di pasar lokal dengan suguhan kamera depan berlensa 5 MP dan disempurnakan dengan berbagai fitur kekinian.
Customer Service Tiga Putra Gajahmada Plaza, Dwi Astuti mengatakan, Samsung Galaxy J5 termasuk pendatang baru, dan beredar di pasar gadget lokal mulai akhir Agustus lalu. “Untuk seri Galaxy J, terdapat dua tipe baru yang sudah beredar. J5 dengan pasar middle low, sementara J7 menyasar pengguna high end,” katanya.
Menurut dia, ponsel ini menawarkan resolusi tinggi pada sisi kamera, baik di bagian depan maupun belakang. Sebagai bukti, ponsel dengan bandrol Rp 2,7 jutaan ini memiliki kamera utama berlensa 13 MP. Kamera utama ini akan sangat maksimal ketika digunakan berfoto, membidik gambar yang ada di depannya. Sebab, kamera itu telah berbekal fitur seperti autofocus, LED flash, digital image stabilization (DIS), hingga face detection. Selain itu, kamera belakang ini mampu merekam video dengan spesifikasi terbaik full HD 1080 pixels.
“Jika pengguna ingin memanfaatkan kamera belakang untuk selfie, pasti menghasilkan gambar yang jernih. Namun, menggunakan kamera depan juga tidak kalah,” beber dia kepada Malang Post.
Dwi menuturkan, Galaxy J5 memiliki bekal kamera depan yang tangguh, dengan resolusi 5 MP. Ketangguhan kamera bisa dijamin berkat adanya LED flash, sehingga akan membantu menambah pencahayaan, ketika pengguna ingin selfie di dalam ruangan, misalnya di dalam kamar.
Selain pada sisi kamera, ponsel ini dipastikan tangguh dilihat dari hardware dan softwarenya. Untuk mesin, vendor asal Korea ini membenamkan chipset Qualcom MSM8916 berjenis Snapdragon 410. Chipset tersebut mendapatkan balutan tenaga prosesor Quad Core dengan tingkat kecepatan akses 1.2 GHz. Untuk memaksimalkan kinerjanya, terdapat RAM berukuran 1.5 GB.
Sementara itu, pada sisi software seperti sistem operasi, Samsung membekali Galaxy J5 dengan OS Android Lollipop. OS ini menjadi satu andalan bagi pabrikan ponsel yang ketika mengeluarkan smartphone di tahun ini. Pasalnya, OS Lollipop akan menjamin perangkat bisa menerima aplikasi terbaru dan memberikan daya akses ke dunia jauh lebih cepat ketimbang generasi sebelumnya. “Grafis pun jauh lebih baik. Apalagi ketika disandingkan dengan GPU Adreno 306,” tambah Dwi.
Dia menuturkan, smartphone ini bisa menjadi alternatif bagi gadgeter yang berburu ponsel 4G dengan budget tidak terlalu tinggi. Akses cepat dengan 4G akan dipadukan dengan jaringan 3G HSDPA, yang tidak kalah berkualitasnya dalam menunjang aktivitas browsing di dunia maya hingga streaming Youtube.
Ponsel yang kini menjadi satu primadona bagi penggemar Samsung dengan budget di bawah Rp 3 juta itu, menawarkan memori internal sangat lega, seluas 16 GB. Separuh kapasitas memori itu, bisa pengguna maksimalkan untuk memasang aplikasi penunjang perangkat. Sementara, separuhnya disarankan untuk tetap bebas agar memiliki ruang ketika mengoperasikan smartphone.
“Untuk menyimpan file multimedia seperti MP3 dan hasil jepretan, pilih memori eksternal. Kapasitas maksimal untuk ekspansi memori sebesar 32 GB,” tegas dia. (ley/han)