Tablet Tertipis Hasilkan Gambar Jernih

MALANG - Samsung terus berupaya menjadi vendor nomor satu ketika hadir di pasar gadget. Termasuk pula di kelas tablet, pabrikan asal Korea ini terlihat unggul dalam menghadirkan tablet berbodi tipis, setelah meluncurkan Samsung Galaxy Tab S2 medio Juli lalu. Seri Tab S2 8.0, hadir dengan ketebalan hanya 5,6 mm dan berat 265 gram saja.
Galaxy Tab S2 8.0 ingin melanjutkan kesuksesan Galaxy Tab S, yang memiliki ketebalan 6.6 mm, dan ketika pertama kali dikenalkan terhitung tablet tertipis serta langsung laris di pasaran. "Tab S2 pastinya penerus generasi sebelumnya. Bodi super tipis, teknologi super besar," ujar Sales Counter Tiga Putra Celluler, Dwi Astuti.
Predikat tablet Android tertipis ini disempurnakan dengan keberanian Samsung menggunakan layar lebih kecil pula, menjadi 8 inci, dari generasi sebelumnya dengan pilihan 8.4 inci. Bentang layar itu, berjenis Super Amoled beresolusi 1536 x 2048 pixels dengan kepadatan mencapai 320 pixel per inch (ppi). "Super Amoled mampu menghasilkan gambar lebih tajam dan warna lebih natural," papar dia kepada Malang Post.
Secara perform, tidak perlu diragukan akan kemampuannya. Sebab, Tablet ini mengadopsi chipset Samsung Exynos 5 Octa 5433 dengan processor delapan inti, yang terbagi dalam dua sisi. Masing-masing berjenis Quad Core berkecepatan 1.9 Ghz dan Quad Core mencapai 1.3 Ghz. Performanya dijamin lebih cepat dibandingkan Galaxy Tab S generasi sebelumnya.
Dia menyebutkan, hardware tablet terlihat semakin tangguh karena sudah ada dapur berteknologi 64 Bit yang dipadukan RAM seluas 3 GB. Sementara itu, pengolahan grafis dipercayakan pada GPU Mali-T760 MP6 untuk memastikan gambar kaya warna.
Dwi menuturkan, ukuran memori internal Galaxy Tab S2 8.2 dibagi dalam 2 varian yakni 32 GB dan 64 GB. Keduanya tetap bisa ditambahkan memori microSD mencapai 128 GB, sehingga bisa menjadi solusi dalam menyimpan file-file berukuran besar. Sementara untuk sektor baterai, sudah disediakan baterai tanam dengan kapasitas mencapai 4.000 mAh.
Sama seperti generasi sebelumnya, tablet ini juga dibekali konektivitas 4G LTE berkecepatan tinggi. Selain itu, tablet dibekali Wifi berteknologi Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dual chanel, bluetooth versi 4.1, dan port microUSB 2.0.
Dia meyakini, sebagai tablet Android tertipis saat ini, tak akan sulit bagi Galaxy Tab S2 8.0 untuk menarik minat pengguna gadget. Apalagi tablet ini telah mendapat kamera berkualitas dengan resolusi 8 MP, dan kamera depan 2.1 MP. "Fitur autofocus ada dalam tablet ini. Ditambah, kemamluan video recording beresolusi 1440p@30fps," pungkas dia. (ley/han)