Prosesor Octa Core, Sudah Support 4G

MALANG - Pasar smartphone lokal kembali diramaikan seri terbaru dari Xiaomi di bulan ini. Hal itu terjadi setelah amunisi anyar bertajuk Redmi Note 2 telah hadir di pasar Malang, dengan spesifikasi tangguh pada bagian prosesor.
Owner Shinta Cell, Setiawan mengatakan, ponsel dengan prosesor Octa Core ini termasuk pendatang baru. Sebab. Kehadirannya baru pertengahan September ini. "Koleksi Xiaomi terbaru merupakan Redmi Note 2. Ponsel tangguh tapi harganya murah," katanya.
Ponsel ini pantas disebut murah, sebab ketika hadir di pasaran harga jualnya hanya Rp 2,2 jutaan. Jika dibandingkan dengan spesifikasinya, maka gadgeter yang membelinya akan memperoleh banyak keuntungan.
Pria yang akrab disapa Iwan ini menuturkan, kinerja maksimal siap disajikan Redmi Note 2. Dukungan chipset Mediatek MT6795 dengan dapur pacu Octa Core memiliki kecepatan akses 2.2 GHz atau 2.0 GHz. Xiaomi Redmi Note 2 memiliki dua buah versi ukuran media penyimpanan internal, sebesar 16 GB dan 32 GB.
"Setiap ukuran memori internal akan membedakan ukuran processornya. Memori 16 GB disertai dapur pacu Octa Coreore berkecepatan 2.0 GHz. Sedangkan untuk 32 GB dibekali dapur pacu Octa-core berkecepatan 2.2 GHz," urai dia panjang lebar.
Menurut dia, kekuatan processor Octa Core akan membawa kinerja cepat dan responsif. Sedangkan untuk gaming dilengkapi dengan GPU PowerVR G6200 yang mampu menjalankan game HD beresolusi tinggi. Iwan menambahkan, sebagai andalan untuk mengatasi aktivitas multitasking, Xiaomi menanamkan RAM sebesar 2 GB yang mampu mengelola proses dengan cepat saat  bermain game maupun menjalankan aplikasi.
Sementara itu, dari segi sistem operasi perangkat ini menggunakan Android versi 5.0 Lollipop. OS itu menjanjikan fitur lebih lengkap sehingga mendukung game serta aplikasi terbaru.
Berbekal layar berukuran 5.5 inci berbodi rasio 72.2 persen,  sangat nyaman dioperasikan oleh kedua tangan. Layar itu memiliki resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels yang akan menambah mantap sisi tampilan. "Pengguna dapat menikmati berbagai jenis media hiburan seperti video maupun game dengan nyaman karena support resolusi tinggi. Panel layar IPS juga mendukung tampilan yang lebih kaya warna serta stabil jika dipandang dari berbagai arah," urai Iwan panjang lebar.
Dari sisi multimedia, perangkat ini mengusung kamera utama berlensa 13 MP, dengan resolusi gambar jepretan sebesar 4128 x 3096 pixels, sehingga mampu menghasilkan tangkapan gambar sempurna. Selain itu, teknologi phase detection mampu menangkan gambar lebih akurat. Fitur autofocus dan LED flash juag menyertai kamera utama dan dapat digunakan saat mengambil gambar dalam berbagai situasi termasuk di tempat minim cahaya.
Sementara itu, kamera depan diperkuat lensa 5 MP, kamera mumpuni untuk melakukan selfie. Selain itu fitur kamera yang cukup lengkap juga dapat mempermudah pengguna menggunakanya untuk berbagai keperluan seperti HDR, panorama, Geo-tagging, touch focus dan face atau smile detection.
Dari segi konektivitas Xiaomi menyertakan fitur Dual SIM yang sudah mendukung jaringan 4G LTE. Media koneksi nirkabel lainya adalah Wi-Fi 802.11. (ley/han)