Tiga Aplikasi Pemutar Video Pas Bagi Android

MALANG - Ponsel dengan teknokogi Android kian diburu. Hal itu diimbangi oleh pabrikan ponsel meluncurkan gadget yang didominasi perangkat dengan sistem tersebut dan mendapatkan teknologi tangguh, misalnya memori internal dengan kapasitas besar. Hasilnya, Android mampu menerima file jumbo seperti film berteknologi High Definition (HD). Namun, pengguna mesti menyesuaikan format atau ekstensi film serta aplikasinya, agar bisa menikmati video tanpa terkendala.
Setidaknya, terdapat tiga pilihan aplikasi yang wajib dimiliki oleh pengguna smartphone.  adalah MX Player, VLC, dan KM Player. Tiga aplikasi ini bisa diunduh di Play Store secara gratis untuk diinstal dalam perangkat Anda.
"Tiga aplikasi pemutar video ini merupakan favorit gadgeter saat ini. Mudah dijalankan adalah faktor utamanya dan menjadi solusi Android membaca file dengan ekstensi MKV dan FLV," ujar Teknisi iFind Reseller, Jeffri Gigih.
Aplikasi video player terbaik tadi, sudah bisa menampilkan video atau film dengan ekstensi MKV, FLV, AVI dan MPEG4. Aplikasi tersebut selain gratis, ringan, juga kaya akan fitur menarik.
Menurut dia, tiga aplikasi ini pas untuk melengkapi perangkat Android yang telah memiliki media penyimpanan internal cukup besar. Mulai dari 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, sampai dengan 128 GB. "Minimal 8 GB, jika ingin memasang aplikasi pemutar video berukuran jumbo di perangkatnya," ujarnya.
Pilihan pertama MX Player, salah satu aplikasi video player terbaik untuk perangkat Android. Aplikasi ini mampu membaca berbagai macam ekstensi video dengan baik. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk menampilkan subtitle. "Sangat cocok untuk penggun yang hobi nonton film di Android," tambah Jefri.
Yang berikutnya VLC. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi video player yang tak hanya populer di Android, namun juga di perangkat komputer. Aplikasi ini bisa menampilkan subtitle dan dapat digunakan untuk menyusun playlist sesuai dengan keinginan pengguna.
Sementara itu, aplikasi ketiga yang masuk dalam rekomendasi Jeffri adalah KM Player. Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena dilengkapi dengan berbagai macam shorcut seperti pengatur volume. Sama seperti aplikasi player lainnya, KM Player juga mampu menampilkan subtitle saat digunakan untuk menonton film.
"Sebenarnya masih banyak aplikasi video player HD yang tak kalah menarik dari tiga aplikasi tadi. Namun, tiga pilihan ini sesuai dengan kebutuhan untuk memutar file yang memiliki ukuran mulai dari 1GB," pungkas dia. (ley/aim)