Buka Kantor di Silicon Valley Senilai Rp 4,4 Triliun

Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung secara resmi membuka kantor baru yang tak jauh dari markas Apple dan menjadikan kehadirannya semakin besar di Silicon Valley. "Kami betul-betul ingin memaksimalkan kantor baru ini sebagai fondasi keberadaan perusahaan di Silicon Valley," ujar Corporate Vice President of Memory Marketing Samsung, Jim Elliot saat upacara pembukaan.
Lokasi kantor baru Samsung dilaporkan berjarak sekitar 19 kilometer dari markas besar sang kompetitor, Apple di Cupertino, California. Atau lebih tepatnya di sebelah utara pusat kota San Jose.
Dibangun seluas 335.280 meter persegi, lingkungan kampus Samsung yang bernilai USD 300 juta atau setara Rp 4,4 triliun itu terdiri dari kantor riset dan pengembangan dan operasi penjualan untuk bisnis semikonduktor perusahaan basis AS. Diketahui, Samsung diklaim sebagai vendor chip memori dan pembuat prosesor terbaik kedua setelah Intel.
Fasilitas lainnya adalah gedung perkantoran 10 lantai, garasi tempat parkir setinggi tujuh lantai, dan ruang ramah lingkungan yang menghubungkan kampus Samsung. "Desain ini dibuat untuk mendorong interaksi di antara para karyawan, memelihara hubungan dengan komunitas, dan menyediakan ruang bebas untuk menarik para karyawan di industri teknologi ini," ujar pernyataan resmi Samsung.

Mengutip situs Cnet, kampus baru Samsung ini mengkonsolidasi lebih dari 700 karyawan dalam satu lokasi dan perusahaan pada akhirnya menampung sekitar 2.000 pekerja di sana. Kantor baru Samsung juga dianggap sebagai bentuk ekspansi perusahaan di kawasan Silicon Valley, yang merupakan jantung dari dunia teknologi. Samsung berharap bisa memberdayakan bakat lokal dan berkesempatan bertemu dengan para pemodal ventura, pengusaha, dan pelaku startup yang ingin berinovasi di bidang peranti lunak dan layanan teknologi.(brt/han)