iPhone Lemot, Langsung Reboot

MALANG - iPhone merupakan salah satu smartphone yang sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Meski demikian, tak sedikit pengguna iPhone yang mengeluh karena perangkatnya lemot. Beberapa langkah, mesti dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, agar perangkat dari Apple ini bisa bekerja dengan optimal
 "Penyebab lemot, sebenarnya terjadi bukan hanya karena kualitasnya yang kurang bagus, namun karena beberapa faktor. Seperti memori yang terlalu penuh, dan sistem yang sedang crash," ujar Supervisor Global Apple Reseller, Silvy Novita.
Menurut dia, cara paling gampang dan sudah dikenal yakni reboot atau restart, yang merupakan cara termudah untuk mengatasi iPhone  lemot. Dengan mereboot iPhone, sistem yang ada di dalamnya akan terefresh dan kembali berjalan normal. "Caranya sangat mudah, tinggal tekan tombol home dan power secara bersamaan sampai layar berubah menjadi warna hitam dan muncul logo Apple," sebutnya.
Pilihan berikutnya dan sama seperti smartphone lainnya, iPhone juga akan menyimpan cache secara otomatis saat digunakan. Utamanya seperti aplikasi Safari yang paling banyak memakan space data untuk cachenya. Oleh karena itu perlu melakukan pembersihan secara manual, agar cache tidak menumpuk dan mengganggu kerja sistem. "Tinggal masuk ke menu settings, setelah itu masuk ke pengaturan Safari, dan pilih Clear History dan Website data. Dengan begitu iPhone menjadi lebih gesit saat digunakan," beber Silvy.
Dia menuturkan, penyebab iPhone lemot atau lelet karena kapasitas penyimpanan yang menyempit. Oleh karena itu, sangat disarankan menghapus beberapa aplikasi yang memang sudah jarang atau tidak terpakai. Menurutnya, menghapus aplikasi tersebut, maka memori akan menjadi lebih lega.
Terakhir, dia menyarankan untuk pengguna iPhone mematikan fitur yang tidak terpakai setelah digunakan. Hal tersebut akan membuat kinerja iPhone menjadi lebih ringan dan tidak lemot lagi. (ley/feb)