Kunci Smartphone dengan Pasword, Bisa Dibobol Lho!

Lockscreen
Ternyata fitur lockscreen pada sistem operasi Android mudah dibobol. Jika Anda pengguna smartphone Android, saat mengaktifkan lockscreen pasti akan disuguhkan penguncian berdasarkan pola, password, dan PIN secara umum. Nah, ternyata mengunci smartphone berdasarkan password mudah dibobol. Entah seberapa sulit Anda membuat password, tetap saja smartphone Android dapat dibobol dengan mudah seperti yang dilansir dari DetikInet.
Saat pengguna menggunakan lockscreen, pasti fitur yang dapat diakses hanyalah dialer panggilan darurat dan kamera. Nah, cara membobol password pada lockscreen cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke pintas kamera, setelah itu cobalah akses ke setting. Saat Anda mengakses setting lazimnya diminta untuk memasukan password terlebih dahulu.
Nah, disinilah cara untuk membobol kunci dari Android ini. Pertama-tama masukkan sebanyak mungkin karakter ke dalam kolom password atau Anda dapat mengetikkan beberapa karakter lalu copy dan paste-kan ke kolom tersebut secara berulang-ulang sehingga karakter pada kolom password semakin panjang.
Jika Anda telah memasukkan banyak karakter di kolom password, tunggu hingga kolom password tersebut crash. Ketika kolom password crash Anda akan dibawa kembali ke tampilan kamera, nah saat berada pada tampilan kamera jangan keluar dari kamera. Anda hanya cukup menunggu beberapa menit hingga aplikasi kamera tersebut juga crash. Nah, ketika aplikasi kamera juga crash, maka Anda akan dibawa ke tampilan homescreen  Android.
Jika sudah masuk ke homescreen, berarti password Android sudah berhasil dibobol. Tentu jika sudah masuk ke tampilan menu, hal apapun dapat dilakukan termasuk mengkases seluruh file-file pada smartphone Android. Namun yang dikhawatirkan jika pembobolan ini dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, pastinya menjadi ancaman yang sangat serius dan dapat merugikan pengguna Android.
Untuk menghindari kejadian yang tidak diharapkan, Anda dapat memilih opsi lain seperti metode pola atau PIN yang lebih aman. Kasus ini baru ditemukan di sistem operasi Android Lollipop, mendengar hal ini Google pun tidak tinggal diam. Kabarnya perusahaan pencari raksasa ini segera memperbaiki masalah ini melalui update terbaru. Eh, jangan mempraktekkan cara membobol PIN tadi ya! J.(dtc/inet/han)