Fasilitas Nearby Friends Terpakai

MALANG POST  - Facebook pekan ini meluncurkan fitur 'Nearby Friends' di Indonesia. Nearby Friends membantu pengguna menemukan teman yang berada di sekitar lokasi mereka berada. Ini terutama berguna ketika sedang melakukan perjalanan.

Jika mengaktifkan Nearby Friends, Anda akan mendapatkan notifikasi saat ada teman yang berada dekat dengan Anda, sehingga bisa mengajak bertemu.

Contohnya, ketika berencana pergi menonton ke bioskop, fitur Nearby Friends akan memberi tahu jika ada teman yang berada di sekitar sehingga Anda bisa menonton bersama teman atau merencanakan bertemu setelah selesai menonton.

Untuk tetap menjaga privasi, Nearby Friends bersifat opsional. Kita bisa memilih siapa saja yang dapat mengetahui keberadaan kita, misalnya teman-teman, kerabat terdekat atau teman-teman yang spesifik. Fitur ini juga bisa diaktifkan dan dinonaktifkan kapan saja.

"Berbagi informasi seputar lokasi melalui Nearby Friends memiliki sifat dua arah. Anda dan teman Anda harus mengaktifkan fitur Nearby Friends dan memilih untuk saling berbagi informasi lokasi saat berdekatan. Teman Anda akan dapat mengetahui keberadaan Anda jika Anda berbagi info lokasi dengan mereka dan sebaliknya," demikian keterangan Facebook yang diterima detikINET, Sabtu (3/10/2015).

Pengguna juga bisa memilih untuk berbagi lokasi dengan teman-teman tertentu selama periode tertentu, misalnya dalam satu jam ke depan. Ketika berbagi informasi tentang lokasi, teman yang sudah pengguna pilih akan dapat melihat keberadaannya di peta, sehingga memudahkan untuk saling bertemu.

Nearby Friends akan lebih menarik ketika digunakan saat berpergian. Jika ada teman Facebook yang sedang berlibur mengunjungi sebuah kota atau negara yang pernah Anda kunjungi, pengguna bisa berbagi informasi seputar restoran yang enak. Atau bisa juga merencakan pertemuan jika kebetulan si pengguna berada di tempat liburan yang sama.

Saat ini, Nearby Friends bisa digunakan di Facebook untuk Android dan iOS. Untuk mengaktfikannya, tap 'More' yang ditandai ikon tiga garis horisontal pada halaman feeds.

Kemudian pilih 'Nearby Friends', tap pengaturan berupa ikon gear, pilih 'ON' untuk mengaktifkannya. Untuk menonaktifkan, lokasi yang dituju sama, tinggal memilih opsi 'OFF'. (dtc/feb)