Google Now Bisa ‘Diperintah’ Saat Offline

MALANG POST - Penggunaan asisten digital sejatinya memerlukan koneksi internet untuk memasok sumber informasi yang dibutuhkan. Namun apa jadinya kalau asisten digital yang umumnya memiliki kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence secara online mampu menerima perintah dan menjalankan perintah secara offline?
Ya, baru-baru ini raksasa internet, Google, dikabarkan telah meng-update layanan asisten digital Google Now, agar dapat menerima perintah meski dalam keadaan offline. Perintah yang bisa diterima oleh Google Now saat dalam kondisi offline memang lebih sedikit ketimbang versi online. Kendati demikian, perintah yang mampu dijalankan Google Now versi offline merupakan perintah dasar yang cukup fungsional.
Perintah-perintah yang dapat dijalanan oleh Google Now versi offline antara lain, dapat memutar musik, membuka Gmail, mengatur volume, membuka aplikasi, mengirim pesan, membuat panggilan, menyalakan WiFi dan Bluetooth, menyalakan senter, mengaktifkan mode pesawat, dan meredupkan layar.
Untuk menikmati fitur Google Now versi offline mode, Anda diharuskan mengupgrade Google Now ke versi 5.3 serta Anda diwajibkan men-download file database tambahan lagi sebesar 18MB. Sebenarnya, fitur ini hanya tersedia di negara Amerika Serikat saja, namun bagi pengguna di luar negara tersebut masih tetap dapat menikmati fitur ini dengan menggunakan bahasa Inggris (US) sebagai bahasa bawaan telepon.
Kemampuan asisten digital secara offline pertama kali bukanlah Google Now, sebelumnya asisten digital milik Microsoft yakni Cortana, dapat menerima perintah meski dalam keadaan offline. Tentunya dengan layanan offline seperti ini cukup membantu Anda ketika koneksi intenet sedang tidak baik serta keadaan Anda yang sulit untuk mengakses smartphone menggunakan jari.(brt/han)