Menanti Kedatangan iPhone 6S

MALANG - Vendor Apple sudah mengenalkan ponsel terbarunya iPhone 6S. Kini, ponsel tersebut tengah dinantikan kedatangannya di pasar gadget Malang, karena varian ini menawarkan teknologi modern seperti jaringan 4G LTE dan RAM 2 GB.
Teknisi iFind Reseller, Jefri Gigih menuturkan, sejak dikenalkan oleh Apple, beberapa customer mulai menanyakan seri ini. "Sejak September lalu setelah resmi dikenalkan, sudah ada yang mencari. Padahal, masih belum pasti kehadirannya di pasar lokal," ujarnya.
Dia memprediksi, iPhone 6S ini akan hadir antara akhir Oktober ini atau awal bulan depan. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan tersedia dalam 1-2 minggu lagi. "Untuk vendor seperti Apple, memang sulit ditentukan waktunya. Apalagi, baru dikenalkan bulan lalu," beber dia kepada Malang Post.
Namun, dia mengakui, iPhone 6S ini telah dipahami oleh customer akan keunggulannya. Misalkan keberanian sang vendor membenamkan RAM 2 GB, sehingga bisa bersaing dengan smartphone lain.
Menurut dia, iPhone 6S hadir dengan kelengkapan jaringan 2G, 3G HSDPA serta jaringan 4G LTE dan masih dibantu dengan adanya wifi. Untuk ukuran layarnya seluas 4.7 inci dengan menggunakan jenis layar LED backlit, berteknologi in plane switching (IPS) LCD dan memiliki resolusi 750 x 1334 pixels. Bagian layar dari iphone 6S ini juga telah dilengkapi dengan pelindung berupa Ion-strengthened glass dan  oleophobic coating, yang telah mendukung 3D Touch display serta Display Zoom.
Untuk dimensi mempunyai ukuran 138.3 x 67.1 x 7.1 mm dengan berat 143 gram. Sebagai pengaman, pada ponsel ini telah dibalut dengan fitur Fingerprint sensor. Alhasil, perangkat tidak bisa dengan mudah dibuka oleh sembarangan orang tanpa sepengetahuan pemilik.
Dia menuturkan, untuk sistem operasinya, iPhone 6S telah dilengkapi dengan sistem operasi iOS 9 yang telah dipasangkan chipset Apple A9. "Sedangkan untuk penopang aktivitas multitaskingnya telah terdapat RAM yang memiliki kapasitas 2 GB," tegas dia kepada Malang Post.
Sementara itu untuk urusan penyimpanan, Apple telah menyajikan dalam tiga pilihan penyimpanan internal yang bisa dipilih oleh konsumen, meliputi 16 GB, 64 GB dan 128 GB. "Sayangnya iPhone 6S sudah tidak menyediakan slot microSD untuk perluasan memori penyimpanan," imbuh Jeffri.
iPhone 6S menawarkan dual kamera yang tersedia pada bagian muka serta punggung perangkat. Pada bagian punggung atau yang lebih sering disebut dengan kamera utama mempunyai resolusi 12 MP yang telah mendukung video 4K. Sedangkan untuk kamera keduanya mempunyai resolusi sebesar 5 MP. "Kehadiran iPhone 6S ini memang sengaja ditujukan untuk para pecinta selfie. Terbukti dengan kamera depan beresolusi besar dan menyajikan gambar berkualitas, khas Apple," tandasnya.(ley/han)