Microsoft Luncurkan Gelang Monitor Kebugaran Pemakai

Penggunaan wearable seperti smartwatch atau smartband memang tengah marak, terlebih fitur yang dihadirkan perangkat wearable ini sangat menarik, contohnya dapat menunjang kesehatan dengan memonitor tingkat kebugaran penggunanya.
Seperti tak ingin ketinggalan dari perusahaan besar lainnya dengan perangkat wearable mereka, baru–baru ini Microsoft dikabarkan akan merilis smartband atau gelang pintar buatannya dengan fitur-fitur penunjang olahraga. Ya, gelang pintar ini memang khusus ditujukan bagi mereka yang ingin memiliki asisten kebugaran.
Gelang ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, antara lain GPS, monitor UV, pemantau kualitas tidur dan kalori, memunculkan notifikasi, dan panduan untuk latihan olahraga. Tak hanya itu saja, gelang pintar ini juga telah dijejali dengan fitur asisten digital milik Microsoft, Cortana. Menariknya, gelang pintar ini tidak hanya bekerja dengan smartphone dengan OS Windows Phone saja, namun juga bisa bekerja dengan smartphone Android dan iOS, seperti yang dilansir dari PC Authority, Rabu (08/10/2015).
Gelang pintar besutan Microsoft ini hadir dengan layar OLED melengkung yang telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 3 yang tentunya sangat kuat dan cocok bagi Anda yang suka beraktivitas outdoor. Microsoft mengklaim bahwa gelang pintarnya ini dapat bertahan hingga 2 hari. Karena smartband ini ditujukan bagi mereka yang mengutamakan kebugaran atau olah raga, tentu gelang ini memiliki fitur yang dapat menunjang aktivitas tersebut.
Smartband ini mendukung fitur kesehatan milik Microsoft, yakni layanan Health serta mendukung aplikasi penelusuran pihak ketiga seperti Runkeeper, Strava atau MapMyRide. Bagi pengguna smartband ini yang menyukai olahraga golf, gelang pintar ini juga dapat menelusuri putaran golf Anda secara akurat, dari satu pukulan ke pukulan berikutnya.
Selain itu, untuk pengguna yang suka olahraga ekstrim atau outdoor, gelang ini juga cocok untuk aktivitas tersebut. Gelang ini mendukung pengukur ketinggian ketika Anda sedang memanat tebing atau sedang mendaki gunung. Gelang ini juga dapat mengukur jarak tempuh perjalanan kaki atau ketika sedang mengendarai sepeda.
Sedangkan untuk layanan asisten digital Cortana, gelang ini harus terhubung dengan smartphone Windows Phone. Fitur Cortana sendiri merupakan asisten digital yang dapat memberikan pengguna informasi terkini yang dibutuhkan atau yang relevan. Fitur cortana pada smartband ini juga mendukung perintah suara.
Bagi yang sudah tidak sabar memiliki gelang pintar ini, Anda perlu sedikit bersabar hingga akhir Oktober. Karena gelang ini dikabarkan bakal meluncur pada tanggal 30 Oktober di Amerika Serikat. Sedangkan untuk harga gelang ini, Microsoft mematok harga USD 249 atau sekitar Rp 3,5 juta.(brt/han)