Sharp Luncurkan Robohon

MALANG POST - Perusahaan teknologi dari Negeri Matahari Terbit, Sharp, baru saja memperkenalkan RoBoHoN, sebuah robot unik dan lucu, namun tak kalah cerdas dengan robot lain. Ya, robot ini termasuk bipedal, yang memiliki dua kaki dan dapat ia gunakan untuk berjalan.
RoBoHoN merupakan robot humaniod, dimana robot ini berfungsi sebagai smartphone sekaligus sebagai asisten digital berbentuk robot lucu. Karena robot ini juga termasuk smartphone, tentu saja RoBoHoN dapat melakukan tugas umum seperti membuat email, melakukan panggilan, serta melakukan hal umum yang biasa dilakukan dengan smartphone seperti biasanya.
Seperti dilansir dari Android Authority, Rabu (07/08/2015), saat robot ini melakukan tugas seperti melakukan panggilan atau yang lain, dilakukan dengan sangat menggemaskan. Semua hal yang dilakukan robot ini terlihat sangat lucu.
Robot ini dapat menjadi pengingat, mengatur alarm dan memanggil taksi hanya dengan satu perintah saja. Sistem kecerdasan buatan pada robot ini dapat mengenali bahasa alami manusia dan dapat bertindak menjalankan perintah yang diberikan. Anda juga tak perlu meminta seseorang untuk memotret diri Anda, karena robot ini juga dapat mengambil gambar sesuai perintah.
Robot ini dapat bergerak, gerakan tubuhnya sesuai dengan apa yang sedang ia kerjakan. Robot ini juga dapat berjalan karena memiliki dua kaki. Gerakan yang dapat dilakukan oleh robot ini meliputi, berjalan di sekitar, jongkok, mengangkat tangan, dan masih banyak gerakan lainnya.
RoBoHon juga memiliki proyektor yang dapat menampilkan gambar sesuai permintaan. Proyektor ini terdapat di kening robot dan Anda bisa menggunakan permukaan seperti tembok, lantai dan yang lain-lain. Selain memiliki proyektor yang mengagumkan, robot ini juga memiliki layar sentuh seluas 2 inci dengan resolusi QVGA dan Anda dapat menggunakannya jika perintah suara dirasa tidak cukup. RoBoHoN memiliki tinggi sekitar 19.5 cm dan berat sekitar 390 gram. Robot ini memiliki otak berupa chip Qualcomm Snapdragon 400.
Sharp mengungkapkan, robot ini menjalankan sistem operasi Android yang bisa dilihat dari tombol navbar home dan back yang identik dengan UI Android. Robot humanoid ini sangat unik, selain dapat digunakan untuk menjalankan tugas layaknya samrtphone, juga dapat dijadikan teman yang baik.(brt/han)