WhatsApp Akhirnya Terkoneksi ke Google Drive

Setelah melakukan uji coba selama berbulan-bulan, WhatsApp akhirnya meluncurkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya melakukan back-up data dari aplikasi pesan ke Google Drive.
WhatsApp mulai menguji coba fitur tersebut pada April lalu. Saat itu tak semua orang dapat mengaktifkan fitur tersebut, hanya sejumlah orang saja yang memiliki versi tertentu. Namun saat ini versi beta dari fitur tersebut sudah dapat digunakan semua pengguna.
Anehnya, pemberitahuan ini diumumkan Google, bukan WhatsApp atau Facebook, pemilik pesan instan itu.
Terlepas dari itu, saat ini seperti yang diharapkan, fitur tersebut memungkinkan pengguna menyimpan semua konten WhatsApp mereka ke layanan cloud Google, Google Drive. Jadi, ketika mengganti ponsel, pengguna dapat mengunduh obrolan-obrolan mereka sebelumnya dari Google Drive dan menggunakan WhatsApp seperti pada perangkat lama.
Pengguna dapat memilih back-up data untuk video, history chat, pesan suara, atau foto. Pengguna juga dapat memilih frekuensi penyimpanan data dari harian, mingguan, bulanan, atau bahkan never bagi pengguna yang tidak ingin menyimpan data.
Sayangnya, karena masih dalam versi beta, fitur tersebut diperkirakan akan benar-benar mendarat di ponsel pengguna pada awal 2016, seperti dilansir GSM Arena. (ant/oci)