Kamera Saku Hasilkan Gambar 52 MP

Penjualan kamera saku untuk saat ini memang mengalami kelesuan yang sangat signifikan. Ini  disebabkan oleh maraknya smartphone yang menghadirkan fungsi kamera saku pada ponsel. Karena memiliki fungsi yang lebih banyak dan harga relatif murah, masyarakat lebih memilih membeli smartphone ketimbang kamera saku biasa.
Di tengah lesunya penjualan kamera saku, sebuah startup bernama Light, memproduksi kamera saku yang memiliki 16 sensor kamera sekaligus dan dapat menghasilkan foto beresolusi 52 megapiksel. Ke-16 lensa yang dimiliki Light L16 ini memiliki lensa dan panjang berbeda-beda. Modul kamera yang digunakan kamera Light serupa dengan modul kamera yang biasa digunakan oleh kebanyakan vendor smartphone.
16 sensor kamera yang dimiliki kamera ini terdiri dari lima kamera berlensa 35mm, lima kamera berlensa 70mm dan enam kamera berlensa 150 mm. Sedangkan, masing-masing sensor kamera memiliki resolusi 13MP. Dengan semikian, lensa yang dimiliki Light L16 memiliki zoom optik yang setara dengan lensa 35–150 mm. Dengan semua sensor kamera itu, L16 mampu mengambil semua informasi dari gambar untuk menghasilkan gambar yang minim noise pada kondisi kurang cahaya dan bisa juga mengatur fokus setelah gambar diambil.
Dave Grannan, pendiri dan CEO Light mengungkapkan pada Forbes, Kamis (8/10/2015), perusahaannya menggunakan beberapa modul kamera murah, yang kemudian digabungkan sehingga menjadi sebuah kamera yang berkualitas tinggi.
Menariknya, berbeda dengan kamera saku konvensional, Light L16 menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow serta dukungan chip Qualcomm Snapdragon 820. Hadir pula layar sentuh seluas 5 inci yang tersimpan di dalam bodi kamera. Dengan kombinasi tersebut, pasti Anda sudah bisa membayangkan bagaimana performa dan hasil jepretan kamera saku ini.
Untuk harganya sendiri terbilang mahal, untuk memboyong Light L16 Anda harus merogoh kocek USD 1.299 (Rp 18 jutaan) yang sudah dibuka pre-order mulai dari sekarang hingga 6 November  mendatang. Sedangkan di luar batas waktu pre-order, kamera ini memiliki harga yang melonjak naik hingga USD 1.699 atau sekitar Rp 23,5 juta.(brt/han)