Gardu Induk Down, Jaringan Telkomsel Terganggu

MALANG - Pelanggan Telkomsel ramai-ramai menuliskan keluhan di Private Message BlackBerry Messenger (BBM), Jumat (9/10/15) kemarin. Sekitar pukul 10.00 WIB, recent update pun penuh nada kecewa karena perangkatnya tidak berfungsi normal. SMS, telepon maupun data, putus nyambung. Bahkab beberapa ada yang kehilangan signal dari Jumat dinihari.
Salah satu pengguna yang mengeluh adalah Kiky Andika, Owner QA Holiday Travel. "Signal-e Telkomsel jan joooss tenan, sampek ga bisa kerja," tulis dia dalam status BBM-nya.
Status menyindir itu terjadi, karena sejak pagi dia mengalami kendala dalam menjalankan bisnis. Koneksinya dengan customer mesti terkendala karena jaringan Telkomsel tertulis SOS. Sama dengan Kiky, status BBM atas nama Rully pun menulis hal yang bernada keluhan akan provider yang dipakainya. "Simpati tidak lagi simpati," tulis dia.
Hingga pukul 13.00 WIB kemarin, keluhan masih terus berdatangan karena permasalahan yang sama tetap terjadi. Terutama bagi pelanggan yang berada di kawasan Kota Malang dan beberapa di Kabupaten Malang.
"Iya, tidak ada signal dari tadi malam. Ini sampai sekarang masih nggak bisa," ujar salah satu pelanggan Simpati, Panji Dwi Nugroho.
Ternyata, semua keluhan itu terjadi karena Telkomsel sedang mengalami masalah di gardu induk, yang terletak di Sawojajar I. Hal itu membuat 108 BTS yang tercover dan memancarkan jaringan ke pelanggan, terganggu. Baik SMS, telepon maupun koneksi data, tidak normal. Tidak sedikit, pelanggan yabg benar-benar tidak bisa mengoperasikan perangkatnya karena kehilangan jaringan Telkomsel.
"Iya, dari tadi malam ada masalah di gardu induk yang menghubungkan dengan BTS. Router mengalami down, sehingga koneksi banyak yang terputus," papar Manager Corporate Communications Telkomsel Jawa-Bali, Erwin Kusumawan.
Menurut dia, 108 BTS itu sebagian besar berada di Kota Malang. Hingga sore kemarin, sekitar pukul 15.00 WIB, progres pembenahan jaringan mencapai 67 persen. "Masih terus kami perbaiki, targetnya sebelum maghrib (kemarin) sudah normal," tambahnya.
Erwin menuturkan, proses maintenance switching, baik untuk koneksi 2G maupun 3G, sebenarnya ditargetkan selesai siang hari. Akan tetapi, karena trouble di gardu induk penyelesaian membutuhkan waktu lebih lama. (ley/han)