Gampang, Convert Video ke MP3 Via Smartphone

MALANG - Pertumbuhan jaringan komunikasi dan internet di Indonesia semakin hari semakin baik dan hampir semua daerah di Indonesia sudah terjangkau oleh jaringan internet. Hal ini membuat banyak pengguna internet berbondong-bondong melakukan streaming video di Youtube, yang lancar dan tanpa buffering.
Berbicara soal video di Youtube, tidak sedikit yang penasaran cara mengubah format video menjadi lagu atau MP3 langsung di smartphone tanpa harus memindah file ke personal computer.
"Saat ini aktivitas convert video tak hanya bisa dilakukan melalui bantuan web atau sebuah aplikasi converter di komputer PC atau laptop. Namun juga bisa dilakukan menggunakan bantuan ponsel Android. Tinggal memasang aplikasinya," ujar Pengamat Gadget, Rossi Ovaneri.
Menurut dia, kini sangat mudah untuk bisa mengconvert video menjadi MP3 di Android. Gadgeter dapat mendownload sebuah aplikasi bernama MP3 Video Converter. Aplikasi itu bisa diunduh secara gratis di Google Play Store, dan dapat digunakan tanpa harus root terlebih dahulu.
Pria yang akrab disapa Ovan ini berbagi langkah mendownload dan memasang aplikasi gratis dengan ukuran 7,8 MB itu. "Pertama tentu download dan instal aplikasi MP3 Video Converter. Setelah selesai, buka aplikasi," sebutnya.
Langkah berikutnya, gadgeter memilih sebuah video yang ingin diconvert menggunakan tombol yang telah disediakan. Setelah mendapatkan videonya, langkah berlanjut pada pilih format file yang diinginkan. "Karena ingin mengubah video menjadi MP3, maka pilih MP3 menggunakan tombol yang tersedia dalam aplikasi," beber dia kepada Malang Post.
Setelah selesai, klik Convert atau Konversi. Proses akan berlangsung 3-5 menit, tunggu hingga proses convert selesai. "Pilih menu simpan dengan format baru yakni MP3," jelasnya merinci.
Ovan menerangkan, setelah convert selesai, pengguna bisa langsung membuka file baru yang memiliki format MP3 yang lebih ringan diputar dalam sebuah smartphone. "Tidak perlu lagi repot download, pindah ke PC, editing dan pindah lagi ke ponsel. Karena sekarang smartphone pun biza digunakan untuk mengonversi video," pungkasnya. (ley/han)