Panasonic Rilis Mirrorless Terbaru dengan Teknologi 4K

Perusahaan Panasonic Gobel Indonesia merilis kamera digital single lens mirrorless (DSLM) terbaru, yaitu Lumix DSLM DMC-GX8. Kamera ini mengedepankan teknologi 4K yang memang sedang berkembang di industri teknologi.
Panasonic GX8 mampu mengambil gambar, baik video ataupun foto beresolusi tinggi kualitas QFHD 4K dengan ukuran 3.840x1.260 pixels. Product Manager Audio and Digital Imaging Panasonic Gobel Infonesia, Agung Arifiandi menyatakan pengambilan gambar dengan GX8 bisa berada pada kecepatan 30fps dan mencapai resolusi 8MP.
Kamera flagship ini juga ditenagai oleh Digital Live MOS yang tanggap respon dalam pengambilan gambar, dan dilengkapi fitur utama Dual Image Stabilizer (IS) untuk lebih menajamkan dan mengurangi gambar yang blur akibat gerakan atau goyang dari tangan saat sedang memotret.
Menurut Agung, seri ini juga menonjolkan fitur sensor micro-four thirds generasi terbaru dengan kamera resolusi 20,3MP, konektivitas Wi-Fi, NFC, serta tak luput dari fitur ISO25600 sebagai pengaturan yang mampu minimalisir noise atau bintik pada hasil gambar.Kamera GX8 dibanderol di pasaran Rp 15,9 juta.
Panasonic juga menghadirkan kamera Lumix Hybrid Single Lens DSLM G7 yang sama-sama mampu mengambil gambar dengan kualitas 4K dengan kameranya beresolusi 16MP dan teknologi Depth From Defocus (DFD) sebagai pengaturan waktu pengambilan fokus objek foto. Lumix G7 ini dilepas di pasaran seharga Rp 11 juta.
Marketing Director Panasonic Gobel Indonesia Yasunori Takase mengatakan, pasar DSLM memang sedang meroket. "Seperti yang kita tahu kamera DSLR sudah semakin turun pamornya, DSLM justru mengalami peningkatan sejak tahun lalu sebesar 20 persen," ucap Takase kepada sejumlah awak media usai peluncuran produk di Jakarta.
Jejak Panasonic yang memproduksi kamera mirrorless seakan diikuti oleh para produsen lain. Sebut saja Canon dan Nikon. Takase tak menganggap mereka sebagai pesaing, namun justru menilai bahwa perusahaan telah membantu pasar kamera mirrorless bangkit dan tumbuh. "Lagipula, kami punya fitur unggulan yang beda dari lainnya, yaitu teknologi 4K," tambahnya.(cnn/han)