Mematikan Komputer dalam Hitungan Detik

Flashdisk berbentuk kecil yang mudah dibawa kemana-mana ternyata bisa dijadikan sebaga alat untuk mematikan laptop atau komputer dalam hitungan detik. Ya, flashdisk ini bukan flashdisk sembarangan karena flashdisk ini diciptakan oleh lembaga keamanan Rusia yang bernama “Dark Purple”.
Dark Purple mengklaim flashdisk miliknya ini dapat merusak perangkat apapun ketika dicolokkan. Cara kerja flashdisk ini sama dengan cara membakar sirkuit pada motherboard perangkat yang dicolokkan. Saat flashdisk terhubung ke port USB, flashdisk ini mengirimkan tegangan listrik sebesar 220 volt melalui line sinyal yang ada di USB.
Pada sebuah video berdurasi 50 detik, seorang tengah asyik merusak laptop miliknya dengan mudah, yakni hanya menancapkan flashdisk ke port USB yang ada di laptopnya, dalam hitungan detik saja, laptop itu langsung mati seketika. Para peneliti mengklaim laptop itu masih bisa menyala jika diganti motherboard-nya dengan yang baru.
Mereka juga mengklaim, bahwa flashdisk buatan mereka belum bisa merusak hard disk yang ada pada perangkat laptop atau komputer tersebut, jadi data-data yang tersimpan di hard disk masih bisa diakses. Dark Purple pun juga mengklaim, tidak hanya perangkat laptop dan PC saja yang dapat dirusak oleh flashdisk ini, perangkat lain seperti TV, samrtphone, hingga modem router pun juga dapat dirusak oleh flashdisk ini.
Mereka juga mengatakan bahwa flashdisk ini dapat menjadi asalan yang bagus agar pengguna tidak menancapkan flashdisk sembarangan pada perangkatnya. USB Killer V.2.0 ini merupakan generasi kedua yang pernah mereka buat. Sebelumnya para peneliti ini membuat “killer thumbdrive” dengan tegangan listrik yang lebih rendah, yakni 110 volt.(brt/han)