Papan Tulis Digital, Mempermudah Presentasi Grafis

MALANG POST - Apa yang terbayang jika mendengar papan tulis? Pasti yang melintas di benak Anda adalah benda berukuran lebar terbuat dari kayu atau triplek yang digunakan untuk media pembelajaran di depan kelas. Namun apa yang terjadi jika media itu adalah papan tulis digital? Tentu pembelajaran juga akan menjadi lebih mudah bukan?
Konsep papan tulis digital ini juga menginspirasi produsen elektronik asal Korea Selatan, LG untuk membuat inovasi berupa layar display interaktif dan informatif.  Papan tulis digital ini menjadi jawaban kebutuhan teknologi yang semakin maju. Menurut Ramdan Adli Putra, Sales Engenering Head LG Electronic Indonesia, penggunaan information display sudah cukup banyak.
”Data dari firma iSupply, pasarnya meningkat 25 persen dari tahun sebelumnya. Tahun ini mereka memperkirakan produk information display akan terjual 115 ribu unit,” ujarnya saat ditemui di kawasan Gandaria City.
Melihat potensi tersebut rupanya membuat pihak perusahaan tidak ragu memasarkan display berupa papan tulis digital ini ke tanah air. Ramdan juga menjelaskan banyak keuntungan saat menggunakan papan tulis digital, di antaranya mempermudah presentasi grafis.
Sebab papan tulis ini menggunakan touchscreen yang bisa aktif jika disentuh, bahkan dengan sepuluh jari sekaligus. ”Teknologi ini yang membuat para penyaji materi akan memperoleh kemudahan untuk menjelaskan dibanding menggunakan remote atau laser,” tambah Ramdan.
Selain itu, dengan adanya teknologi papan tulis digital. Pemakai dapat bereksplorasi langsung, misalnya saja dalam mendesain sebuah bangunan atau membuat grafis. Keunggulan dari papan tulis ini adalah layarnya yang lebar serta kualitas gambarnya yang sudah sampai 4 K. Dengan beragam keunggulan ini, tidak adalagi alasan untuk tidak kreatif.
Display interaktif bukan hanya berupa papan tulis digital. Sebab, LG juga memiliki produk beragam untuk mencapai target mereka. Bahkan pabrikan asal korea Selatan ini memboyong delapan perangkat yang terdiri dari hotel TV, TV dan monitor signage dengan teknologi ProCentric V dan ProCentric Smart. Fitur di dalamnya dipersiapkan untuk mengoptimalkan fungsi TV sebagai media komunikasi.
Untuk pasar TV Signage, LG menyiapkan Super Sign TV. Dapat menangkap siaran TV baik melalui sambungan kabel maupun antena. Sementara kelebihannya bagi pelaku usaha, TV ini sekaligus dapat menjadi media penampil pesan komersial pada bagian tertentu layar yang akan ditayangkan bersamaan dengan konsumen menikmati siaran TV.
Sementara di ranah monitor signage, LG memboyong 7 produk yang diklaim dapat mengoptimalkan promosi bisnis. Beberapa diantaranya adalah papan tulis digital, 4K UHD Monitor Signage 98 inch, dan Transparent Screen yang unik.  “Menampilkan pesan sekaligus secara bersamaan membiarkan calon konsumen melihat langsung produk sehingga meningkatkan daya tariknya,” tandas Ramdan.(jpnn/han)