Jalin Kerjasama, Bagi Hasil Iklan Online

Yahoo-Google
Diam-diam Yahoo dan Google menjalin kerja sama untuk meningkatkan pendapatan keduanya. Kesepakatan ini sebenarnya sudah berlaku sejak 1 Oktober, tapi baru terlihat setelah Yahoo mengeluarkan laporan rutin untuk tiap kuartal.
Perjanjian itu berisikan kesepakatan untuk berbagi hasil dari iklan online. Jadi nanti Google akan membayar Yahoo atas beberapa iklan yang akan tampil di layanannya. Tak disebutkan berapa komisi yang diterima Yahoo.
Perjanjian itu tidak bersifat ekslusif, sehingga Yahoo boleh melakukan hal serupa dengan perusahaan lain, seperti Bing dari Microsoft. Perjanjian berlaku selama tiga tahun ke depan. Kerja sama Yahoo dan Google memang bukan hal baru, bahkan sebelumnya Yahoo sempat terpergok memakai search engine milik Google.
Hal itu diungkap oleh perusahaan Aaron Wall of SEO Book, dan Yahoo pun sudah mengakuinya saat diwawancarai oleh New York Times. "Kami selalu berusaha memberikan pengalaman yang terbaik bagi para pengguna Yahoo. Dari waktu ke waktu, kami melakukan serangkaian tes dengan beberapa rekan mesin pencari lain," kata juru bicara Yahoo.(brt/han)