Game Ringan Recommended dengan Ukuran Mini

MALANG - Smartphone atau tablet, memiliki banyak fungsi. Selain untuk telepon, SMS, koneksi di dunia maya dan jejaring sosial, bermain games juga bisa dimaksimalkan demgan smartphone yang kini sebagian besar berteknologi Android. Game yang ditawarkan oleh smartphone pun beragam, mulai dari permainan dengan ukuran besar yang biasa diinstal di gadget mahal, hingga game ringan berukuran kecil.
"Game dengan ukuran file besar memang seru. Akan tetapi, jangan melupakan game dengan ukuran kecil, yang file-nya tidak mencapai ratusan megabyte dan menghabiskan space memori," ujar Pengamat Gadget, Jeffri Gigih.
Beberapa pilihan game ringan bisa ditemukan di Playstore. Filenya, tidak lebih dari 20 MB, sehingga perangkat dengan harga di bawah Rp 1 jutaan pun dijamin tetap lancar mengoperasikannya. Misalnya Ular Tangga Raja, Kuku Kube, hingga Tebak Gambar. "Untuk saat ini, berdasarkan review di dunia maya akan games android ringan, empat game terbaik layak diperhitungkan. Tidak kalah seru kok," terangnya.
Dia menyebtukan, Kuku Kube berada pada urutan terutama. Berukuran 11 MB, waktu download game ini tidak sampai dua menit. Dalam game ini, pemain mesti menemukan kotak yang memiliki warna berbeda. Semakin tinggi level, semakin sulit pula menemukan kotak yang berbeda warna.
Dengan file yang lebih kecil lagi, terdapat game Ular Tangga Raja. Pastinya sudah tak asing lagi dengan permainan ular tangga. "Saat ini ular tangga sudah bisa dimainkan di Android untuk mengatasi kebosanan. Ukuran game ular tangga ini sangat kecil, hanya 8 MB saja," papar dia kepada Malang Post.
Menghabiskan waktu menunggu, cobalah untuk bermain Tebak Gambar. Salah satu game Android yang legendaris, karena sudah dimainkan jutaan pengguna Android. Game ini akan membuat gamer memaksimalkan daya ingatnya untuk menebak sebuah gambar. Ukuran game ini sangat ringan, hanya 7 MB saja.
Sementara itu, pada pilihan terakhir, menurut Jeffri, akan membuat gamer teringat dengan permainan Flappy Birds. Dengan nama Swing Copters, sedikit banyak mirip dengan game tersebut karena memang developernya sama.
"Dalam game ini, harus menerbangkan helikopter setinggi-tingginya dan melewati berbagai macam rintangan. Ukuran game ini hanya 1 MB. Sangat ringan dan tidak perlu khawatir akan kehabisan space," pungkasnya.(ley/han)‎