Versi Low End Sony, Berbalut Lollipop dan 4G

MALANG - Pabrikan Sony memiliki beragam rangkaian gadget Xperia. Salah satunya di keluarga Xperia E, yang terbaru telah meluncur Xperia E4g. Sejak September lalu, ponsel ini telah dijual melalui Matahari Mall dan beberapa situs belanja online.
Pengamat gadget Wawan Wahyudi mengatakan, pertama kali penjualan ponsel ini dilakukan secara online. "Kini, situs seperti Lazada pun sudah turut menjualnya," katanya.
Menurut dia, smartphone andalan barunya untuk kelas low end versi Sony ini telah mendapatkan beragam teknologi terbaru. Misalnya telah didukung dengan jaringan 4G LTE dan sistem operasi (OS) Android Lollipop. "Jaringan 4G dan Lollipop, sekarang seperti menjadi patokan bagi gadgeter yang tidak gaptek. Sehingga, vendor pun harus membalut ponsel terbarunya dengan fitur demikian," papar dia kepada Malang Post.
Sony Xperia E4g ini sudah didukung jaringan GPRS dan EDGE supaya pengguna masih dapat mengakses internet di tempat yang belum terjangkau jaringan 4G maupun 3G. Jika area gadgeter sudah terdapat koneksi 4G, sambungan ke dunia maya dijamin cepat. Kecepatan upload mencapai 50 Mbps sedangkan download hingga 150 Mbps.
Dia menjelaskan, ponsel ini mengusung layar berukuran 4,7 dan resolusi yang digunakan qHD 960 x 540 piksel dengan kerapatan layar 245 per inci. Sony juga membekali teknologi layar IPS capacitive touchscreen pada Xperia E4g dan 16M warna, sehingga memberikan ketajaman layar lebih jernih bagi penggunanya.
Sementara itu, dapur pacu  yang digunakan Sony Xperia E4g ini pun sudah tidak ketinggalan jaman lagi. Pabrikan asal Jepang ini memberikan prosesor Quad Core ARM Cortex -A53-64 bit berkecepatan 1,5 GHz serta didukung oleh chipset MediaTek MT6732. "Chipset MediaTek MT6732 menyempurnakan tampilan sistem operasi Lollipop," tambahnya.
Dari sisi Fotografi Sony Xperia E4g ini didukung oleh dual kamera. Sisi utamanya sama dengan saudara tuanya Sony E4, mengandalkan lensa 5 MP, autofokus lengkap dengan LED flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR serta Panorama. Sementara itu di bagian depan dipasang 2 MP, cocok bagi yang suka selfie dan  video call.
Memori yang digunakan oleh Sony xperia E4g ini untuk RAM ditanamkan 1 GB. Untuk  internal memory dipasang 8 GB yang dapat ditambah sampai 64 GB melalui slot microSD. Cukup luas dari segi penyimpanan membuat pegguna dapat leuasa menyimpan data-data foto , video maupun aplikasi lainnya.
Sektor koneksivitas Sony xperia E4g ini sudah bisa dibilang sangat lengkap diantaranya 4g LTE, 3g HSPA, 2g GSM,  wifi , GPS, bluetooth apalagi smartphone ini dapat dipasang 2 card atau Dul SIM. Baterai sony xperia E4g ini dibekali dengan dengan kapasitas 2300 mAh yang diperkirakan mampu bertahan 2 hari. (ley/feb)