Alarm Pendeteksi Kualitas Tidur, Ajak Olahraga

MALANG - Bagi Anda yang susah bangun dari tidur dan kerap membutuhkan bantuan agar terjaga di pagi hari, alarm menjadi satu perangkat yang wajib dimiliki. Jika dulu mesti menyediakan jam alarm, kini gadgeter bisa memanfaatkan fitur alarm di smartphone. Beberapa aplikasi alarm yang anti mainstream, bisa menjadi pilihan terbaik, untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
"Alarm, sangat bermanfaat. Tidak hanya untuk membangunkan tepat waktu, tetapi juga sebagai pengingat. Misal saat sore hari harus meeting, bisa menyetel alarm sebelumnya agar tidak kelupaan," ujar Pengamat Gadget, Jefri Gigih.
Menurut dia, saat ini kebanyakan smartphone terbaru Android sudah menyediakan fitur alarm. Namun fitur alarm bawaan yang ada di HP Android terbilang biasa saja alias sudah terlalu mainstream. "Jika ingin alarm yang unik dan beda, bisa mendownload aplikasi alarm melalui Google Play Store," jelas dia.
Ada banyak sekali pilihan aplikasi alarm yang menarik, mulai dari alarm dengan berbagai pilihan tema, sampai dengan alarm dengan berbagai macam fitur. Tiga terbaik dan terlaris saat ini Timely Alarm Clock, Sleep As Android dan SpinMe Alarm Clock.
"Timely Alarm Clock merupakan sebuah aplikasi jam, alarm, dan timer terbaik saat ini. Aplikasi ini sudah digunakan jutaan pengguna Android," sebutnya.
Menurut dia, aplikasi Timely Alarm Clock menyediakan banyak pilihan nada dering dan fiturnya juga lengkap. Aplikasi ini dapat disetel sedemikian rupa sehingga pengguna tidak akan ketiduran lagi setelah mendengar suara alarm. "Misalnya pengguna harus menyelesaikan game atau menjawab beberapa pertanyaan yang lumayan sulit agar bunyi alarm bisa mati," sebutnya.
Aplikasi berikutnya, Sleep As Android. Bukan sekadar aplikasi alarm biasa karena aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur pendeteksi kualitas tidur, deteksi pola tidur, penghilang suara dengkuran dan masih banyak lagi yang lain.
Sementara itu, untuk aplikasi terakhir, Jeffri menyarankan SpinMe Alarm Clock. Menurutnya, aplikasi merupakan salah satu aplikasi alarm yang anti mainstream. Aplikasi ini tak hanya bisa membangunkan, namun bisa juga menuntun untuk berolahraga. Pasalnya suara alarm dari aplikasi SpinMe Alarm Clock hanya bisa dimatikan dengan beberapa gerakan memutar yang telah diarahkan oleh aplikasi. "Alarm yang menyehatkan juga," pungkas dia. (ley/han)