Versi Mini, Kamera 23 MP

MALANG - Medio September lalu, vendor Sony telah mengenalkan satu koleksi anyarnya. Seri bernama Sony Xperia Z5 Compact merupakan versi mini dari Z5, yang mengusung bentang layar 4.6 inci. Seri ini penerus ponsel tahan air yang kini dilengkapi dengan finger print.
Team Leader Erafone Malang, Arye Kurnianto mengatakan, Xperia Z5 Compact dikenalkan di Berlin dalam sebuah pameran teknologi. Dalam tempo sebulan, gadget itu sudah beredar di tanah air, termasuk di Malang. "Masuk Malang baru di pekan ini dan semakin menambah pilihan ponsel anyar dari Sony," katanya.
Menurut dia, perangkat ini membawa fitur premium seperti dua kakaknya, yakni didukung dengan sertifikasi IP68. Fitur ini membuat bodinya tahan debu dan tahan air di kedalaman hingga 1.5 meter selama 30 menit. Alhasil, Sony Xperia Z5 Compact ini siap menemani aktivitas berenang maupun diving, tetapi di air tawar.
Dia menambahkan, gadget dengan bandrol Rp 6 juta ini masih membawa daya tarik tambahan. Fitur Fingerprint Sensor yang banyak digunakan untuk fitur keamanan ponsel maupun otentikasi transaksi online, diusung oleh seri ini.
Sementara itu, ponsel ini membawa layar dengan teknologi IPS LCD capacitive toushcreen, yang juga dibalut dalam teknologi Triluminos display serta X-Reality Engine. Alhasil,  suguhan layarnya jernih dan cukup cemerlang sebening kristal. Dengan harga lebih terjangkau resolusi layar Sony Xperia Z5 Compact dipangkas dengan mengusung resolusi HD 720 x 1280 pixels membawa kepadatan 323 ppi.
"Menariknya, seri ini masih mendukung kemampuan multitouch hingga 10 sentuhan. Untuk permukaan layarnya telah dilapisi Scratch-resistant glass, oleophobic coating yang aman dari goresan maupun benturan," papar dia kepada Malang Post.
Dia menambahkan, diagonal layar yang lebih kecil dari Sony Xperia Z5 dan Sony Xperia Z5 Premium membuat dimensi Sony Xperia Z5 Compact ini juga menyusut. Hadir dalam dimensi 127 x 65 mm dengan ketebalan bodi 8.9 mm yang tidak terlalu menebal. Bodinya cukup ringan hanya 138 gram saja dan membuatnya nyaman digunakan dan digenggam. Desain kotaknya tersebut dibalut dengan material casing berkualitas yang tersedia dalam warna hitam, putih, kuning dan koral.
Pada sisi sistem operasi yang dijalankan dalam Sony Xperia Z5 Compact ini telah menggunakan Android OS v5.1.1 Lollipop terbaru. Versi mini ini tetap dibekali dengan ruang penyimpanan yang besar mencapai 32 GB untuk menyimpan semua file dan aplikasi. pengguna juga dapat menambah kapasitas ruang simpan hingga 200 GB menggunakan kartu microSD.
Sementara itu, sektor dapur pacu Sony Xperia Z5 Compact menggunakan chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810 yang membawa processor Octa Core dan terbagi dalam Quad Core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad-core 2 GHz Cortex-A57. Dua bagian ini membuat kinerjanya kian tangguh dan responsif. Sementara untuk kebutuhan grafisnya mengandalkan Adreno 430 yang mampu menghadirkan visual grafis menawan dan mulus saat bermain game.
"Aktivitas multitasking dijamin lancar berkat RAM 2 GB untuk menopang kinerjanya," paparnya.
Pada sisi kamera, Sony membekalinya dengan kamera belakang dengan resolusi tinggi, layaknya seri reguler. Kamera belakang tersedia dengan lensa 23 MP yang cukup bening dalam menghasilkan foto. Kamera belakangnya juga telah ditunjang dengan fitur LED Flash dan Autofocus serta fitur lain untuk menunjang kualitas gambar yang lebih menjanjikan. Sementara kamera depannya mengusung resolusi 5.1 MP untuk digunakan selfie maupun video call penggunanya. Kamera belakang Xperia Z5 Compact ini juga ditunjang dengan kemampuan merekam video beresolusi 4K atau 2160p@30fps jernih dan menawan.
Jaringan dan konektivitas juga cukup lengkap. Smartphone tersebut hadir dengan slot SIM Nano, yang mendukung jaringan 4G LTE, 3G HSDPA dan 2G GSM sehingga memiliki kecepatan internet kencang hingga LTE Cat6 300/50 Mbps. Konektivitas Sony Xperia Z5 Compact lainnya adalah speed HSPA, GPRS, EDGE, Wi-Fi maupun fitur Hotspot untuk tethering.(ley/han)