Tablet Bongsor Berbobot 2,65 Kg

Setelah memamerkan tablet berukuran bongsor milikinya pada ajang IFA 2015 yang telah diselenggarakan bulan lalu, kini Samsung mengumumkan secara resmi kehadiran tablet berlayar lebar tersebut. Galaxy View merupakan tablet dengan layar terlebar besutan perusahaan asal negeri Ginseng. Tablet ini akan bersaing dengan iPad Pro, dan Surface Pro 4.
Tablet dengan layar lebar memang saat ini belum begitu populer, karena ukurannya lebar serta bobotnya yang berat masih diangap tidak praktis. Tablet berlayar lebar semacam Galaxy View atau iPad Pro sendiri memang sejatinya ditujukan untuk produktivitas ataupun tablet untuk keluarga. Nah, era tablet berukuran bongsor sendiri tampaknya sedang dicanangkan oleh beberapa brand besar dunia.
Samsung Galaxy View sendiri hadir dengan layar seluas 18,4 inci berjenis TFT serta memiliki resolusi Full HD 1080p yang mengakibatkan kerapatan piksel per incinya hanya sebatas 123ppi. Menariknya, Samsung Galaxy View memiliki handle khusus pegangan untuk menjinjingnya, karena tablet ini memiliki bobot yang cukup berat, yakni 2,65kg serta memiliki dimensi 275,8 x 451,8 x 11.9mm.
Pada sisi bagian bawah terdapat kaki karet yang berguna agar saat berdiri, tablet ini tidak tergelincir serta pada bagian belakanganya juga telah dilengkapi dengan dudukan dua arah. Samsung Galaxy View sendiri dibekali dengan baterai berkapasitas 5.700mAh yang dapat digunakan untuk memutar film selama 8 jam secara terus menerus.
Selain itu, Anda juga bakal dimanjakan dengan kehadiran dua speaker stereo 4W yang akan meningkatkan pengalaman ketika memutar video. Nah, sedangkan untuk sektor dapur pacunya, Samsung Galaxy View ditenagai oleh chipset besutan Samsung sendiri, yakni Exynos 7680 yang memiliki prosesor octa core 1.6GHz dan kapasitas RAM sebesar 2GB.
Untuk penyimpanan internalnya, tablet ini menyediakan dua pilihan, 32GB dan 64GB yang keduanya masih bisa diperluas dengan micro SD. Pada sisi atas layar juga terdapat sebuah kamera yang dapat Anda fungsikan sebagai kamera video call atau hanya sekadar ber-selfie ria. Pada sektor konektivitasnya, tablet ini dilengkapi dengan Bluetooth 4.1, WiFi 802.11, serta varian LTE yang mendukung slot SIM card berukuran nano.
Perusahaan juga menyematkan skin Media UX yang berbasis sistem operasi Android 5.1. Skin ini sendiri memiliki aksen yang sangat kental dengan nuansa pemutaran video. Namun pihak Samsung hingga saat ini belum membeberkan soal harga tablet jumbo ini. Ada bocoran harga dari toko Androrama yang mengungkapkan harga tablet tersebut USD 599 atau sekitar Rp 8,2 juta.(brt/han)