Fitur Tersembunyi di WhatsApp

MALANG - ‎Aplikasi perpesanan instant (instant messenger) kini semakin banyak pilihan. Salah satunya WhatsApp yang menjadi aplikasi terpopuler, selain BBM dan Line. Aplikasi yang telah digunakan oleh jutaan pengguna aktif ini, mampu menggantikan fungsi SMS konvensional, seperti pada features phone.
Kemudahaan pengelolaan akun dan kontak membuat WhatsApp semakin dicintai pengguna smartphone, mulai dari smartphone dengan basis sistem operasi Android, Windows Phone, sampai dengan iOS.  “Bukan tanpa alasan aplikasi ini disukai. Namun mayoritas dari pengguna WhatsApp masih belum tahu bahwa aplikasi ini memiliki beberapa fitur keren yang layak untuk dicoba,” ujar Pengamat Gadget, Jeffri Gigih.
Menurut dia, ada beberapa fitur seperti menghilangkan notifikasi, menyembunyikan last seen, hingga mengatur nada notifikasi. “Terutama bagi pengguna pemula atau yang awam, perlu mencoba mengutak-atik WhatsApp-nya,” beber dia kepada Malang Post.
Dia menyebutkan, fitur Mute Notifikasi dimiliki oleh WhatsApp, terutama dari sebuah grup. Saat tergabung dalam sebuah grup, dipastikan akan mendapatkan informasi pesan masuk melalui notifikasi. Hal tersebut tak jarang mengganggu banyak pengguna WhatsApp. “Jika tidak ingin terganggu, gunakan fitur Mute. Dengan fitur ini bisa mematikan notifikasi pesan masuk yang ada di grup,” beber dia kepada Malang Post.
Menurutnya, bagi pengguna enggan membagikan kepada orang lain kapan terakhir kali online, juga bisa disembunyikan. Last seen, bisa dimatikannya dengan melakukan setting. Masuk menu Settings, pilih ‘Account’, berlanjut ke ‘Privacy’ dan klik ‘Last Seen’. “Aman, jika ingin misterius membaca pesan, agar tidak diketahui kontak lain kapan membuka WhatsApp,” terangnya.
Dia menuturkan, nomor telepon yang ada di akun WhatsApp bisa pula diubah dengan nomor telepon yang lain. Jika pengguna memiliki nomor telepon baru, bisa menggantinya melalui menu ‘Settigs’, pilih  ‘Account’ dan berlanjut dengan memilih ‘Change Number’. Setelah ganti nomor, semua informasi yang ada di kontak dan grup akan diganti dengan yang baru.
 Selain itu, pengguna WhatsApp juga bias mengatur nada notifikasi yang ada di WhatsApp sesuka hati. Misalnya hendak membedakan nada notifkasi untuk pesan masuk ataupun grup. Caranya dengan menggunakan fitur Custom Notifications. (ley/feb)