Baterai 17 Persen, Bisa Bertahan 13 Jam

MALANG – Pekan terakhir Oktober lalu, vendor Lenovo memastikan satu seri bernama Lenovo Vibe P1m, meluncur di pasar ponsel tanah air. Ponsel dengan baterai monster ini, merupakan kelanjutan seri P70, yang telah meluncur sejak Maret 2015 ini.
 
Head Store Calosa Matos, Andre Agassi menuturkan, Lenovo beberapa waktu terakhir, aktif meluncurkan smartphone terbaru, di berbagai segmen pasar. Setelah sebelumnya terdapat seri dengan fitur kamera sebagai daya tarik, kini baterai besar pun diusung. “Lenovo Vibe Shot di kelas smartphone high end. Kini, Vibe P1m yang sudah dipastikan pasca peluncuran di Jakarta, 27 Oktober lalu,” tuturnya.
 
Menurut dia, P1m  menjadi seri smartphone 'Big Battery' sebagai kelanjutan seri P70. Alhasil, ponsel ini cocok bagi pengguna yang sangat mobile, yang menghabiskan sebagian besar waktu di luar rumah atau kantor yang tidak bisa setiap saat membawa powerbank atau colokan listrik untuk mengisi ulang baterai.
 
Baterai yang diusung oleh ponsel dengan bandrol di kisaran Rp 2,1 jutaan sebesar 4.000 mAh. Menurutnya, berdasarkan review yang muncul di dunia hampir sepekan ini, Lenovo Vibe P1m dibekali fitur charging on the go. Dengan fitur tersebut, P1m juga bisa dijadikan sebagai powerbank untuk perangkat lain, seperti smartphone, speaker portabel, hingga headset Bluetooth
Selain itu, Lenovo juga menyediakan tombol fisik khusus untuk mengaktifkan mode Power Save untuk menghemat baterai. Menurut klaim Lenovo, dengan mode Power Save aktif, baterai dengan kapasitas 17 persen bisa bertahan hingga 13 jam. Untuk pemakaian normal, baterai bisa bertahan 16 jam.
 
Lenovo Vibe P1m ini menawarkan ukuran layar sebesar 5,0 inch. Sebagai panel pembungkus layarnya telah menggunakan jenis IPS LCD yang telah didukung dengan meggunakan resolusi HD 1280 x 720 piksel. Sehingga kerapatan gambar yang dihasilkan oleh sektor layar tersebut sekitar 294 pixel per inch.
 
Untuk sistem operasi yang digunakan telah mengandalkan OS Android Lollipo 5.1 yang dalam kinerja akan ditemani dengan prosesor Quad Core dan mampu berjalan dengan kecepatan mencapai 1 GHz. “Untuk jenis chipset yang digunakannya berjenis MediaTek MT6735P yang diaksikan bersama dengan RAM berkapasitas 2 GB. Sebagai pengolah grafis yang digunaka Mali-T720MP2,” papar dia kepada Malang Post.
Pada sektor ruang penyimpanan,  telah dijejali dengan menggunakan memori internal berkapasitas 16 GB yang masih bisa diperluas lagi dengan menggunakan microSD. Ekspansi mampu menampung kapasitas maksimal hingga 32 GB. “Dengan begitu pengguna dipastikan jika tidak akan merasa kekurangan ruang penyimpanan lagi saat menggunakan ponsel pintar ini,” tambahnya.
Sementara itu pada bagian kamera, sebagai kamera utamanya telah terpasang sebuah lensa dengan resolusi 8 MP, lengkap dengan adanya fitur auto fokus dan juga LED flash. Untuk kamera keduanya terdapat lensa dengan resolusi 5 MP yang cocok untuk kebutuhan selfie pengguna. (ley/feb)