Demi Internet Kebut, XL Uji 4G LTE Didukung Wi-Fi

MALANG POST - Perusahaan telekomunikasi XL Axiata berencana meningkatkan kualitas layanan Internet mereka dengan melakukan uji coba teknologi 4G LTE Advanced LAA (Licence Assisted Access) dengan menggandeng penyedia infrastruktur telekomunikasi Ericsson asal Swedia, Jumat (6/11).
Setelah uji coba teknis dilakukan, perusahaan berharap teknologi terbaru ini dapat mereka implementasikan pada pertengahan 2016 setelah mendapat izin dari pemerintah. XL menjanjikan teknologi 4G LTE jenis baru ini memberikan Internet dengan akses yang cepat dan tetap stabil. Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, dengan teknologi ini pelanggan dapat memainkan konten video beresolusi tinggi tanpa penundaan.
"Prediksi kami, pada perkembangan selanjutnya, akses ke layanan video akan semakin meningkat. Akhirnya, kita akan sama-sama sepakat bahwa semakin baik kualitas layanan 4G, akan menghadirkan bukan saja kepuasan, namun juga manfaat yang juga maksimal," ujar Yessie.
Anak usaha Axiata asal Malaysia ini, menjelaskan, LTE-Advanced LAA adalah bagian dari perkembangan teknologi LTE-A (LTE-Advanced) yang menggabungkan pemanfaatan sejumlah frekuensi. Dari frekuensi yang dilisensikan kepada XL, yaitu 900 MHz, 1.800 MHz, 2.100 MHz akan digabungkan pemanfaatannya dengan frekuensi yang tidak dilisensikan kepada XL yaitu di 5.000 MHz agar bisa digunakan bersama dengan pelayanan Wi-Fi.
XL mengklaim teknologi ini akan menguntungkan bagi konsumen karena akses kecepatan Internet bisa meningkat sampai dengan 300 Mbps dan membuat kapasitas 4G LTE menjadi lebih besar, dari 150 Mbps menjadi 300 Mbps, kendati berada di daerah yang padat trafik.
Penerapan teknologi ini oleh XL akan berjalan seiring dengan pembangunan radio pemancar atau BTS 4G LTE di sejumlah lokasi hotspot atau lokasi yang menyediakan akses Wi-Fi dari XL, baik di dalam maupun luar ruangan.
Dijelaskan bahwa area hospot XL akan menggunakan frekuensi 1.800 MHz dan 5.000 MHz. Sedangkan area yang lebih luas akan dilayani dengan 4G LTE yang memakai 1.800 MHz. XL mengklaim telah mengkomersialkan 4G LTE di Medan, Bogor, Yogyakarta, Mataram, Denpasar, dan Surabaya. Pada November 2015 ini, perusahaan berencana menggelar 4G LTE di Bandung, dan menyusul Jakarta sebelum akhir tahun. Hingga akhir tahun 2015, ada sekitar 2.500 BTS milik XL yang mendukung 4G LTE. (cnn/ra/udi)