Xiaomi Segera Luncurkan Mi 5 Awal Desember

Sudah lebih dari setahun perusahaan asal Tiongkok, Xiaomi tidak memperkenalkan smartphone flagship terbarunya setelah meluncurkan Mi 4. Selama itu pula banyak rumor tentang kehadiran smartphone penerus Mi 4. Xiaomi Mi 5 sendiri digadang-gadang bakal mengusung chip Snapdragon 820, chip yang setidaknya bakal meluncur tahun depan.

Namun kini beredar rumor yang berasal dari negeri Tirai Bambu, bahwa perusahaan chip kenamaan Qualcomm bakal meluncurkan Snapdragon 820 pada 20 November mendatang. Berdasarkan laporan tersebut pula, Xiaomi digadang-gadang juga segera memeperkenalkan smartphone flagship terbarunya, yakni Mi 5 pada 3 Desember 2015.
Seperti dilaporkan Softpedia, tidak ada kepastian resmi apakah Xiaomi Mi 5 bakal tersedia pada awal Desember 2015. Kemungkinan, perusahaan hanya memperkenalkan smartphone tersebut terlebih dahulu, dan ketersediaanya diduga mulai tersedia pada bulan awal semester pertama 2016.
Selain itu, sempat beredar rumor yang mengatakan Xiaomi Mi 5 bakal meluncur akhir tahun ini dengan mengusung chipset flagship terbaru dari MediaTek, yakni Helio X20 dengan prosesor deca core atau sepuluh inti. Pada rumor tersebut juga mengatakan Xiaomi Mi 5 bakal tersedia dalam 2 varian, yakni mengusung Snapdragon 820 yang meluncur pada tahun 2016 dan varian Helio X20 yang meluncur setidaknya akhir tahun 2015 ini.
Karena smartphone ini akan muncul pertama kali di negara Tiongkok, maka untuk ketersediaan di negara lain akan membutuhkan waktu beberapa minggu atau hitungan bulan. Kendati demikian, banyak retail online Tiongkok yang telah menyediakan smarpthone tersebut jauh hari sebelum smartphone tersebut hadir untuk negara lain.
Hingga saat ini, belum banyak kepastian tentang spesifikasi yang diusung Mi 5. Menurut rumor yang berkembang, Xiaomi Mi 5 dirumorkan bakal mengusun RAM sebesar 4GB dengan internal 16GB atau 32GB. Sedangkan untuk layarnya, Xiaomi Mi 5 juga dikabarkan mengusung layar dengan bentang 5,2 inci beresolusi Full HD atau Quad HD. Selain itu, Mi 5 juga dirumorkan mumpuni pada sektor fotografinya, dengan membawa kamera utama 16MP dan kamera depan 8MP.(brt/han)