Vendor Lokal Update Fitur

MALANG - Pabrikan Mito memiliki beberapa koleksi baru di triwulan terakhir 2015 ini. Salah satunya Mito Fantasy One A33. Di seri ini, vendor lokal itu tidak lagi memberikan spesifikasi biasa untuk sektor mesinnya. Terbukti, Mito berani memberikan RAM berukuran 2 GB yang tangguh untuk menopang kinerja ponsel.
"Mito A33 atau biasa disebut Fantasy One, telah mendapat hardware bagus untuk mendukung kerja ponsel. Misalnya RAM yang sudah berukuran besar hingga sistem operasi paling laris saat ini, Android Lollipop," ujar Promotor Mito Gajahmada Plaza, Ahmad Sidik.
Dia menerangkan, Mito tidak ingin ketinggalan dengan vendor lokal lain dalam menyediakan ponsel yang berkualitas. Sebab selama ini terkenal menyediakan smartphone low end dengan spesifikasi yang biasa. "Kini, sasaran masih tetap kelas bawah, tetapi secara kualitas ponsel, jangan diragukan," papar dia kepada Malang Post.
Sidik mengakui, RAM berukuran 2 GB menjadi pembeda. Dengan ukuran tersebut, kinerja ponsel akan lebih leluasa dalam menjelajah aplikasi. Apalagi, berbalut dapur pacu Quad Core, dengan clock speed 1,5 GHz.
"Sisi hardware dari Fantasy One A33 akan memberikan kenyamanan pengguna smartphone. Padahal, harganya hanya Rp 1,2 juta, tetapi fiturnya seperti ponsel di atas Rp 2 jutaan," urai dia panjang lebar.
Dia menerangkan, ponsel ini juga melengkapinya dengan storage memory yang tak kalah lebar. Kapasitas 16 GB, membuat pengguna leluasa memasang aplikasi, sekalipun setengahnya berfungsi sebagai tempat aplikasi. "Sisanya untuk aplikasi yang diinstal pengguna, sisanya untuk menyimpan beberapa file multimedia. Jika kurang, ada slot microSD dengan kapasitas mencapai 64 GB," urainya.
Sidik menyebutkan, secara fisik Mito Fantasy One A33 ini juga terlihat luas sebagai smartphone kekinian dengan bentang 5 inci. Layarnya telah mengusung teknologi IPS LCD capacitive touchscreen, berkedalaman 16 juta warna yang cukup cemerlang dan bening. Panel layar tersebut, dipastikan memiliki sudut pandang yang lebih luas dan lebih cerah.  
Selain itu, menurut Sidik, Mito Fantasy One A33 juga dibekali fitur smart gesture. Perangkat ini didukung dengan fitur Double tap to wake sehingga pengguna hanya dengan dua kali tap atau klik pada layar tidur, dapat mengaktifkan kembali tanpa menekan tombol power atau kunci. Fitur gesture command untuk mengakses aplikasi dengan cepat tanpa membuka menu utama. Contohnya jika pengguna ingin membuka kamera maka dapat menuliskan huruf C pada layar maka akan otomatis membuka menu kamera. Akses cepat ini meliputi huruf C, O, W, M, E, S dan Z yang mampu diakses pengguna dalam pengaturan yang dapat disesuaikan dengan keinginan user.
"Beberapa keluaran Mito terbaru ini memang sudah mengusung fitur smart wake up dan gesture command, terutama untuk koleksi Rp 1 jutaan," tambahnya.
Untuk memfasilitasi penggunanya di sektor kamera, Mito membenamkan resolusi kamera yang lumayan besar. Di sisi bodi belakang Fantasy One A33 tertanam kamera utama 8 MP yang telah didukung dengan LED flash, autofocus, dan digital zoom sehingga hasil bidikan kamera utamanya cukup jernih dan tajam. Sektor fotografi untuk selfie juga diperhatikan, terbukti dengan membenamkan lensa 5 MP sebagai kamera depan.  "Dengan begitu pengguna Mito One A33 dapat leluasa selfie, video call maupun video chat," imbuhnya.
Mito Fantasy One A33 ini hadir dalam fitur Dual SIM yang dapat siaga bersama dalam jringan 3G HSDPA dan 2G GSM. Pengguna akan dimanjakan dengan speed internet HSPA 21/5.76 Mbps dan koneksi GPRS-EDGE. Selain itu, juga dibekali dengan koneksi Wi-Fi, Hotspot dan dukungan browser  serta GPS navigasi. Bagi pengguna yang ingin berbagi file atau data dengan perangkat lain, dapat memanfaatkan fitur Bluetooth v4.0 yang dimiliki maupun port microUSB untuk memindah data ke PC atau notebook. (ley/han)